-->

Rafael Grossi Sebut Pembangkit Listrik Zaporizhzhia di Ukraina Dipulihkan


WINA, LELEMUKU.COM- Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi mengatakan, listrik di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina dipulihkan, setelah pemadaman kedua dalam lima hari yang membuat situasi menjadi "genting" terkait dengan keselamatan dan keamanan stasiun nuklir itu.

“Pemadaman pagi ini disebabkan oleh kerusakan akibat penembakan artileri di gardu induk yang jauh, hal ini memperlihatkan betapa gawatnya situasi disitu. Kami memerlukan zona perlindungan secepatnya,” katanya dalam cuitannya hari Selasa.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang terbesar di Eropa, menjadi fokus dari kampanye militer Rusia di Ukraina. Moskow dan Kyiv saling menyalahkan selama berbulan-bulan atas penembakan di dekat fasilitas yang memicu kecemasan akan terjadinya bencana nuklir. Pasukan Rusia menduduki stasiun pembangkit itu dan daerah sekitarnya.

Grossi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada 11 Oktober, sebagai bagian dari upaya IAEA untuk mencegah kecelakaan. Grossi juga mendorong untuk membangun zona keselamatan dan keamanan di sekitar stasiun pembangkit itu.

Kepala IAEA itu akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Kyiv akhir pekan ini untuk pembicaraan lebih lanjut mengenai pembangkit listrik itu. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel