-->

Jokowi Tinjau Proyek Smelter PT Timah di Bangka Belitung


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pagi ini, Kamis, 20 Oktober 2022, akan mengecek proyek smelter yang dikerjakan oleh perusahaan pelat merah PT Timah Tbk di Kepulauan Bangka Belitung. Kepala negara terbang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.15 WIB.

Jokowi akan mendarat di Bandara Depati Amir, Kabupaten Bangka Tengah. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU menuju Kabupaten Bangka Barat.

"Presiden Jokowi diagendakan untuk meninjau pembangunan Top Submerged Lance (TSL) Ausmelt PT Timah Tbk," tulis keterangan Istana.

Sebelumnya, PT Timah sudah menargetkan proyek smelter berteknologi TSL Ausmelt Furnace ini kelar dan beroperasi bulan depan, November 2022. Operasional smelter tersebut diproyeksikan bisa menambah efisiensi di kisaran 25 persen sampai 34 persen.

Baca: Hasto PDIP Anggap 3 Tahun Jokowi-Ma'ruf Berhasil Mengatasi Masa Sulit

Sekretaris Perusahaan PT Timah Abdullah Umar  menjelaskan perkembangan proyek Ausmelt Furnace telah mencapai 97 persen pada September 2022. Proyek yang diperkirakan menyerap investasi US$80 juta tersebut bakal memiliki kapasitas sebesar 40.000 ton crude tin per tahun.

Proyek Ausmelt Furnace menjadi smelter pertama yang dimiliki PT Timah dalam beberapa dekade terakhir. Abdullah mengatakan smelter tersebut dilengkapi dengan teknologi terbaru dengan kemampuan mengolah atau melebur konsentrat bijih timah dengan kadar paling Kecil 40 persen atau kategori low grade.

“Smelter kami saat ini hanya bisa melakukan peleburan untuk konsentrat bijih timah dengan kadar 70 persen. Artinya dengan smelter baru akan jadi lebih efisien. Tentunya ini bagian dari upaya kami untuk memperdalam bisnis ke penambangan primer,” kata dia, dikutip dari Bisnis.com.

Setelah itu, Jokowi akan menuju Pasar Muntok, Kabupaten Bangka Barat untuk menyerahkan bantuan modal kerja (BMK) dan bantuan langsung tunai (BLT) kepada peserta Program Keluarga Harapan (PKH). Jokowi juga akan menyerahkan bantuan tunai untuk para pedagang.

Masih di Kabupaten Bangka Barat, Jokowi kemudian akan menuju Kampung Nelayan Tanjung Laut untuk meninjau stasiun pengelolaan sampah dan berdialog dengan para nelayan. Selepas itu, dia akan bergerak menuju Pelabuhan Tanjung Ular untuk melakukan peninjauan.

Pada siang harinya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan lepas landas menuju Kabupaten Bangka Selatan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU dari helipad Lapangan Upacara Kantor Bupati Bangka Barat. Jokowi direncanakan akan mendarat di helipad Stadion Junjung Besaoh, Kabupaten Bangka Selatan.

Jokowi kemudian akan menuju Pasar Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, untuk menyerahkan bantuan sosial serupa dengan di Pasar Muntok. Selepas itu, Jokowi bakal menuju Pelabuhan Sadai untuk melakukan peninjauan.

Selanjutnya, Jokowi akan kembali menuju helipad Stadion Junjung Besaoh untuk terbang ke Bandara Depati Amir. Setelah mendarat di Bandara Depati Amir, Jokowi akan lepas landas menuju Jakarta dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel