-->

Ratu Elizabeth II Pernah Kunjungan ke Indonesia di Tahun 1974 dan Disambut Soeharto dan Ali Sadikin


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Ratu Elizabeth II, pemegang takhta Inggris Raya selama tujuh dekade, pernah datang ke Indonesia di tahun 1974. Dalam kunjungan Royal Tour ini ia didampingi oleh suaminya Pangeran Philip.

Dalam video yang beredar di media sosial, saat tiba di Jakarta Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Philip disambut oleh Gubernur Jakarta pada masa itu, Ali Sadikin. Ini adalah kunjungan pertama penguasa monarki Inggris Raya tersebut ke Indonesia dengan membawa kapal pesiar kerajaan.

Selama perjalanan, rombongan Ratu Elizabeth II dikawal oleh Polisi Militer. Ia juga juga bertemu dengan Presiden Soeharto dan istrinya Tien Soeharto di Istana Negara. Soeharto sempat memberi keris Bali untuk Pangeran Philip.

Kunjungan kenegaraan Ratu Elizabeth II disambut pawai ondel-ondel beserta iringan tanjidor. Kunjungan ini bermaksud membangun hubungan baik antara Indonesia-Inggris sehingga mencapai perkembangan yang kuat, maju, dan dinamis.

Selain itu, Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Philips sempat mengunjungi kawasan Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan hingga Museum Sejarah Jakarta, Jakarta Barat.

"Pangeran Philip dan saya mengingat dengan penuh kesan atas kunjungan kenegaraan kami ke Indonesia pada tahun 1974. Kami tersentuh dengan kehangatan masyarakat Indonesia," tuturnya pada pidato jamuan makan malam kenegaraan.

Pada Kamis, 8 September 2022, Ratu Elizabeth II menghembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun. Ia menghembuskan napas terakhirnya di Kastil Balmoral, Aberdeenshire, Skotlandia ditemani anak-anaknya.

Ratu Elizabeth II digantikan oleh Charles sebagai Raja Inggris. Penobatan Raja Charles sebagai dilakukan pada Sabtu pagi, 10 September 2022 pukul 11 waktu setempat.

Ucapan duka cita dari seluruh pemimpin dunia mengalir atas wafatnya Ratu Elizabeth II termasuk dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Meski hubungan Inggris dan Rusia memburuk akibat perang Ukraina, Putin tetap mengenang Ratu Elizabeth II sebagai sosok yang baik. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel