-->

India dan Bangladesh Sepakat untuk Berbagi Air Sungai


NEW DELHI, LELEMUKU.COM - India dan Bangladesh hari Selasa (6/9) mencapai kesepakatan untuk berbagi air dari sungai yang mengalir di kedua negara. Mereka berjanji akan meningkatkan hubungan perdagangan, sementara menegaskan kembali hubungan dekat mereka, sewaktu Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina berkunjung ke India.

Menyebut Dhaka “mitra pembangunan dan perdagangan terbesar di kawasan ini,” Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan kedua pihak akan memulai pembicaraan mengenai kesepakatan ekonomi yang menyeluruh dan memperluas kerja sama dalam sektor-sektor seperti teknologi informasi, ruang angkasa dan energi nuklir.

Membangun hubungan dekat dengan Bangladesh adalah prioritas bagi India, yang berupaya menangkis terobosan yang dibuat oleh China di negara-negara tetangga di Asia Selatan seperti Nepal dan Sri Lanka, dengan inisiatif infrastruktur Sabuk dan Jalan China.

Kunjungan empat hari Sheikh Hasina ke India secara politik dipandang bermakna di Bangladesh, karena dilakukan menjelang pemilu tahun depan.

Di antara tujuh pakta yang ditandatangani hari Selasa, salah satu yang paling disambut di Dhaka adalah kesepakatan untuk berbagi air Sungai Kushiyara. Ini adalah kesepakatan pertama yang ditandatangani kedua negara dalam lebih dari 25 tahun.

Pakta untuk berbagi sumber daya air dari sungai lintas batas yang mengalir ke hilir dari pegunungan Himalaya, dari India ke Bangladesh, telah lama menjadi prioritas bagi Bangladesh, yang menderita kekurangan air. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel