-->

John Lado Bora Kabba Panen Raya Padi Gogo di Sumba Barat

John Lado Bora Kabba Panen Raya Padi Gogo di Sumba Barat.lelemuku.com.jpg

WAIKABUBAK, LELEMUKU.COM - Wakil Bupati Sumba Barat, NTT John Lado Bora Kabba,S.Pd yang didampingi Penjabat Sekretaris Daerah dan para kepala OPD/Unit Kerja melakukan panen raya padi ladang “Gogo Wangi” di Desa Weetana yang merupakan Desa Binaan Bank NTT, Kecamatan Laboya Barat, Kamis (28/04/2022).

Wakil Bupati mengatakan, kegiatan panen raya ini untuk mendukung ketersediaan pangan. Menurut Wakil Bupati, Kabupaten Sumba Barat terutama Kecamatan Laboya Barat memiliki potensi sektor pertanian yang sangat prospektif dan bisa menjadi lumbung pangan di Kabupaten Sumba Barat.

“Saya ingin terlebih dahulu mengucapkan, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PT. Bank NTT atas kepeduliannya dalam peningkatan produksi dan produktivitas pangan, khususnya padi Ladang Gogo, di Desa Weetana Kecamatan Laboya Barat.Sungguh ini merupakan hal yang sangat membanggakan bagi kita semua. Dan kami sangat berharap melalui binaan PT Bank NTT, kiranya bapak / ibu para kelompok tani di Desa Wetana  terus termotivasi dan semangat berproduksi maupun semangat memelihara, serta konsisten untuk lebih meningkatkan luas tanam maupun produktivitas hasilnya.” Ujar Wakil Bupati.

Menurut Wabup john Lado, Pembangunan Daerah tidak hanya bertumpu pada Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan maupun Kepada Pemerintah Desa saja, melainkan juga perlu adanya kolaborasi melalui Partisipasi dari Pemangku Kepentingan Daerah. Salah satunya melalui PT. Bank NTT. Keterlibatan PT. Bank NTT bersama masyarakat di Desa Weetana melalui Bumdes Mada Ole merupakan wujud nyata PT. Bank NTT dalam Melayani Masyarakat yang lebih sungguh.

Tidak dipungkiri bahwa permasalahan pertanian disetiap daerah terkhususnya di Kabupaten Sumba Barat bukan berada pada produktifitasnya melainkan permasalahan yang utama, berada pada proses pemasarannya. Selama ini para petani ketika ingin menjual hasil pertanian dan perkebunan selalu terkendala akan harga jual yang rendah serta minimnya offtaker yang dapat menjamin harga. Hal ini yang menjadi tolak ukur PT. Bank NTT melakukan kerjasama dengan Desa Weetana bersama Bumdes Mada Ole dalam mengolah Produk Lokal agar memiliki Nilai Jual yang tinggi.

“Memang tidak mudah dalam merubah kebiasaan – kebiasaan masyarakat untuk mau berpartisipasi akan perubahan-perubahan yang ada, karena masyarakat masih terbawa akan kebiasaan-kebiasaan yang lama. Namun hari ini PT Bank NTT bersama masyarakat Desa Weetana menunjukan hal dalam proses pembangunan di bidang pertanian melalui Panen Raya Padi Ladang Gogo,  bahwa sebuah kebehasilan itu dapat ditunjukkan melalui usaha dan kerja keras yang tulus dari setiap pemangku yang ada.  Sehingga hari ini kita betul merasakan setiap pengorbanan dan jerih lelah yang telah dikerjakan  selama 4 bulan,  dimulai dari bulan Desember Tahun 2021.” Kata Wabup.

Bukan hanya sebatas itu saja, menurut Wabup PT. Bank NTT turut mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat Desa wetana Kecamatan Laboya Barat, dengan menciptakan Desa Binaan yang mandiri, berprestasi, berbasis digital dan sentralistik pemasaran produk –produk desa melalui Bumdes Desa dengan melakukan Penandatangan Kerja Sama. Hal ini dilakukan guna memulihkan kembali perekonomian pasca dilandanya Covid-19.

Wakil Bupati berharap PT Bank NTT kedepannya dapat membantu Pemerintah daerah, guna terus mendorong peningkatan perekonomian disetiap desa terkhususnya melalui Desa-Desa Calon Binaan Bank NTT di Kabupaten Sumba Barat yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Festival Desa Binaan dan PAD di Tahun 2022

“Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada PT. Bank NTT atas bantuan, bimbingan dan pembinaan kepada masyarakat Desa Weetana dan Bumdes Mada Ole, semoga melalui Momentum panen raya ini dapat menjadikan Desa Weetana menjadi cerminan bagi desa-desa yang ada di Kecamatan Laboya Barat dan juga berdampak bagi Pembangunan di Kabupaten tercinta”, tutup Wabup John Lado mengakhiri sambutannya. (ProkopimSumbaBarat)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel