-->

Ferdinand Rumsowek Sebut Kesiapsiagaan Jadi Kunci Cegah Bencana di Raja Ampat

Ferdinand Rumsowek Sebut Kesiapsiagaan Jadi Kunci Cegah Bencana di Raja Ampat.lelemuku.com.jpg

WAISAI, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Papua Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Yayasan Kristen Papua Alfa Omega Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Selasa, (26/4/2022).

Upacara peringatan HKB yang dipimpin Asisten III Setda Raja Ampat, Ferdinand Rumsowek yang mewakili Bupati Raja Ampat tersebut dihadiri Kepala BPBD Raja Ampat, Guntur Tamima bersama jajarannya, Kepala Diskominfo, Persandian dan Statistik Raja Ampat, Frits Feliks Dimara, sejumlah pimpinan OPD di Raja Ampat, Kepala Sekolah dan Dewan Guru SMP YPK Alfa Omega Waisai, siswa SMP YPK Alfa Omega Waisai dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Usai upacara Guntur Tamima kepada media menjelaskan tema peringatan HKB tahun ini adalah “Siap untuk Selamat.” Diakuinya, kesiapsiagaan menjadi kunci utama dalam mencegah dan menghindari dari berbagai bencana.

“Pencegahan dan mitigasi haruslah menjadi roh kesiapsiagaan bencana yang kita peringati setiap tanggal 26 April, bersama dengan momentum lahirnya undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan  bencana dari responsive menjadi preventif,” ujar Guntur Tamima.

Menurutnya, HKB ini adalah agenda BNPB yang diselenggarakan secara secerentak di seluruh Indonesia dan terus dilakukan setiap tahun  sebab Indonesia termasuk rawan bencana, baik bencana hidrometeorologis,  dan geologi, termasuk bencana non alam sepeerti pandemi Covid-19. Karena itu diperlukan kesiapsiagaan bagi setiap  manusia, individu perlu siap siaga dalam menghadapi bencana.

“Agenda HKB di Raja Ampat juga ditandai dengan kegiatan simulasi evakuasi mandiri jika terjadi gempa bumi,” ujarnya.

Guntur, sapaan Guntur Tamima menambahkan peringatan HKB dan simulasi evakuasi mendiri dilakukan dilembaga pendidikan agar guru dan siswa memahami bagaimana kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana/cara menyelamatkan diri.

Dirinya juga berharap masyarakat juga memiliki pemahaman dan pengetahuan kesiapsiagaan menghadapi bencana, karena dari 10 ancaman bencana di dunia Sembilan (9) diantaranya ada di Raja Ampat, seperti gempa bumi, tsunami, banjir, banjir bandang, tanah longsor, cuaca extrim, gelombang extreme, kekeringan dan abrasi pantai.

“Oleh karena itu kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana sangat penting agar mereka mampu melakukan tindakan untuk mengurangi resiko,” ujarnya. (infopublik)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel