-->

Farur Rofi Sebut Festival Sagu di Sambas Jadi Ajang Promosi Pangan Lokal dan Wisata

Farur Rofi Sebut Festival Sagu di Sambas Jadi Ajang Promosi Pangan Lokal dan Wisata.lelemuku.com.jpg

SAMBAS,LELEMUKU.COM - Festival yang diadakan untuk mengangkat pamor dan mempromosikan pangan lokal dan wisata diadakan di Desa Sebangun Kecamatan Sebawi Kabupaten Sambas Kalimantan Barat pada 13-14 November 2021, yaitu Festival Sagu. Sagu merupakan salah satu makanan pokok pengganti beras di wilayah itu.

Wakil Bupati Sambas  mengatakan Festival Sagu di Sebangun ini dalam rangka promosi kegiatan diversifikasi pangan lokal. "Ini adalah momentum yang baik menunjukkan bahwa masyarakat desa mulai kreatif. Saya ingin kearifan lokal seperti ini harus terus digali dan yang sudah terekspose harus dikembangkan semaksimal mungkin,” kata dia di Sebangun, Sabtu, 13 November 2021.

Menurut Rofi, masyarakat desa juga harus memiliki ide-ide kreatif dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada untuk menciptakan sebuah destinasi wisata sehingga dapat meningkatkan sektor ekonomi masyarakat. “Dengan adanya Festival Sagu ini saya harap bisa berlanjut sebagai agenda rutin,” ujarnya.

Rofi telah meminta Dinas Pariwisata untuk mengagendakan Festival Sagu di Desa Sebangun sebagai agenda pariwisata tahunan Kabupaten Sambas. Ia bahkan ingin terus mengembangkan Desa Sagu sebagai pusat destinasi wisata sagu.

Di sana, masyarakat setempat bisa menjual potensi wisata kuliner dan budaya. “Saya lihat di sini banyak produk olahan dari sagu, saya sudah sampaikan ke Kadis Kumindag, itu harus dimaksimalkan,” kata Rofi. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel