-->

Regulator Obat Eropa Temukan Hubungan Radang Jantung dengan Vaksin Pfizer dan Moderna

Regulator Obat Eropa Temukan Hubungan Radang Jantung dengan Vaksin Pfizer dan Moderna.lelemuku.com.jpg

AMSTERDAM, LELEMUKU.COM - Regulator obat Eropa telah menemukan kemungkinan hubungan antara peradangan jantung yang sangat langka dan vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech dan Moderna, katanya pada hari Jumat, 9 Juli 2021. Mereka menekankan bahwa manfaat dari suntikan itu lebih besar daripada risikonya.

Kondisi, miokarditis dan perikarditis, harus terdaftar sebagai efek samping dari dua vaksin mRNA, kata komite keamanan Badan Obat Eropa (EMA). Badan itu menambahkan bahwa kasus seperti itu terutama terjadi dalam 14 hari setelah inokulasi.

Menurut EMA, kasus terjadi lebih sering setelah dosis kedua dan pada pria dewasa yang lebih muda. Ini sejalan dengan temuan AS bulan lalu. Gejala dari kondisi tersebut termasuk sesak napas, jantung berdebar dan nyeri dada.

Panel keamanan EMA juga menyarankan agar orang dengan riwayat kelainan darah langka sindrom kebocoran kapiler (CLS), tidak boleh divaksinasi dengan suntikan Johnson & Johnson.

Sementara regulator memperingatkan para profesional kesehatan dan orang-orang untuk waspada terhadap gejala pasca-vaksin, pihaknya terus memantau keamanan vaksin yang disetujui saat diluncurkan secara lebih luas. "EMA menegaskan bahwa manfaat dari semua vaksin Covid-19 resmi terus lebih besar daripada risikonya," katanya.

EMA secara total meninjau lebih dari 300 kasus miokarditis dan perikarditis di Uni Eropa, Islandia, Norwegia dan Liechtenstein - bersama-sama disebut sebagai Wilayah Ekonomi Eropa (EEA). Sebagian besar kasus terjadi dengan vaksin Pfizer, yang disebut Comirnaty, kata pengawas.

Sekitar 177 juta dosis Comirnaty telah diberikan di EEA pada 31 Mei, dibandingkan dengan 20 juta dosis vaksin Spikevax Moderna, kata EMA.
"Kasus miokarditis dan perikarditis umumnya ringan, dan individu cenderung pulih dalam waktu singkat setelah perawatan standar dan istirahat," kata Pfizer dalam sebuah pernyataan.

EMA juga telah menyelidiki kasus-kasus seperti itu dengan vaksin J&J dan AstraZeneca, tetapi pada hari Jumat mengatakan sejauh ini belum menemukan hubungan sebab akibat dan telah meminta lebih banyak data dari pembuat obat.

Baik vaksin J&J dan AstraZeneca menggunakan teknologi serupa tetapi dengan versi virus flu yang berbeda untuk memberikan instruksi pembangunan kekebalan ke tubuh.

EMA pada bulan Juni meminta CLS untuk ditambahkan sebagai efek samping dari tembakan AstraZeneca, Vaxzevria. Regulator kemudian juga mengatakan orang yang sebelumnya menderita kondisi tersebut, di mana cairan bocor dari pembuluh darah terkecil yang menyebabkan pembengkakan dan penurunan tekanan darah, tidak boleh menerima suntikan.

Untuk J&J, EMA meninjau tiga kasus CLS yang terjadi dalam dua hari setelah vaksinasi. Perkembangan tersebut dapat memberi tekanan pada rencana vaksinasi di Eropa dan pada perusahaan AS setelah jutaan dosis vaksin dilarang untuk digunakan oleh UE karena masalah keamanan menyusul insiden kontaminasi di Amerika Serikat. J&J tidak segera menanggapi permintaan komentar.(Tempo/Reuters)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel