-->

SMAN 4 Bukittinggi Wakili Sumatera Barat di Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Nasional

SMAN 4 Bukittinggi Wakili Sumatera Barat di Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Nasional.lelemuku.com.jpg

BUKITTINGGI, LELEMUKU.COM - SMA Negeri 4 Bukittinggi, Sumbar, berhasil menjadi Terbaik dalam Penilaian Perpustakaan Sekolah Terbaik SLTA Tingkat Sumatera Barat 2021. Keberhasilan itu menjadikan SMA Negeri 4 Bukittinggi mewakili Sumatera Barat pada lomba yang sama untuk tingkat Nasional Juni mendatang.

Kepala SMA Negeri 4 Bukittinggi, Eli Noverma, mengatakan, keberhasilan Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat nasional setelah mengikuti penilaian tingkat Provinsi pada April lalu.

“Dalam rangka persiapan mengikuti lomba tingkat Nasional, SMA Negeri 4 Bukittinggi akan melakukan beberapa persiapan dan pembinaan, tentunya dengan dukungan penuh Pemko Bukittinggi dan Pemprov Sumatera Barat lewat Dinas Pendidikan dan Dinas Pustaka Kearsipan-nya,” ujar Eli.

Selain berharap dapat meraih juara di tingkat Nasional, kegiatan pembinaan tersebut, tambahnya, juga sangat membantu tim Pustaka SMA Negeri 4 Bukittinggi untuk menjadikan perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi sebagai perpustakaan berstandar nasional.

Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi memiliki keunggulan dengan adanya tiga klinik, ungkap Kepsek Eli Noverma. Klinik yang dimaksudkan tersebut antara lain, Klinik Konseling yang merupakan klinik layaknya ‘rumah terapi’ bagi siswa, dengan solusi berupa buku untuk memecahkan permasalahan seputar mental/psikologis yang dialami siswa.

Selanjutnya terdapat Klinik Minat Bakat yang merupakan tempat siswa mengembangkan minat dan bakatnya, terutama di bidang seni dan sastra. Terakhir, terdapatnya Podcast Sempati TV sebagai tempat latihan rekaman, siaran, pengambilan audio yang dapat melatih bakat siswa di bidang penyiaran (broadcasting), yang sudah dilengkapi dengan fasilitas audiovisual yang sudah dibenahi. Disamping itu, SMA Negeri 4 Bukittinggi juga memiliki produk pengembangan literasi, yaitu Majalah SEMPATI yang memuat karya guru dan siswa, yang terbit secara kontinu setiap tahun.

Kepsek Eli juga sebutkan, Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi telah memiliki banyak koleksi buku dengan judul sebanyak 67 ribu lebih, dengan koleksi buku elektronik (e-book) sekitar 1500-an yang bisa dipinjam dari mana saja.

Menurut Kepsek Eli, koleksi buku di perpustakaan sekolah akan terus ditambah. Sebagian besar koleksi bukunya merupakan buku pengetahuan umum, buku kumpulan puisi siswa yang ber-ISBN, buku kumpulan cerpen siswa yang ber-ISBN dan tulisan ilmiah populer di surat kabar Harian Rakyat Sumbar dan surat kabar harian lainnya di Sumatera Barat. Tulisan ilmiah tersebut merupakan hasil karya siswa dan guru.

Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi beberapa waktu lalu juga telah menyelenggarakan event atau acara, antara lain Pemilihan Duta Perpustakaan, pembentukan Sahabat Perpustakaan, Lomba Majalah Dinding, Lomba Disain Logo dan sebagainya, tutup Eli. (diskominfobukittinggi)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel