-->

Seniman China, Ai Weiwei Pilih Portugal Jadi ‘Rumah’ untuk Pameran Terbaru

Seniman China, Ai Weiwei Pilih Portugal Jadi ‘Rumah’ untuk Pameran Terbaru.lelemuku.com.jpg

LISBON, LELEMUKU.COM - Seniman pembangkang China Ai Weiwei mengadakan pertunjukan terbesar dalam karirnya dan terselenggara di tempat yang ia cintai, Portugal. Pameran baru seniman visual terkenal dunia, "Rapture" itu dibuka di ibukota Portugal, Lisbon, hari Jumat (4/6/2021).

Ai tiba di Portugal hampir dua tahun yang lalu.Ia menyampaikan tidak memiliki rencana untuk kembali ke Jerman atau Inggris, tempat ia juga tinggal sejak meninggalkan China tahun 2015.

"Saya punya perasaan yang luar biasa" tentang Portugal, kata artis itu hari Kamis (3/6). "Inilah tempat saya tinggal." Pameran Ai di São Paulo tahun 2018 mencakup dua kali area pameran Lisbon namun karya yang dipamerkan lebih sedikit.

"Rapture" dipamerkan di bangunan panjang yang rendah di tepi sungai yang merupakan pabrik tali nasional Portugal mulai abad ke-18 dan kini menjadi tempat pameran seni sementara. Pertunjukan Ai berlangsung hingga 28 November 2021.

Sedikitnya 85 karya seni termasuk beberapa karya ikonik Ai, serta karya-karya terbarunya, diproduksi secara eksklusif di Portugal.

"Forever Bicycles," dari tahun 2015, sebuah patung raksasa yang menggunakan 960 sepeda baja tahan karat sebagai blok bangunan, berdiri di pintu masuk gedung tersebut. Instalasi perahu karet hitam sepanjang 16 meter dengan sosok manusia, karya Ai yang melambangkan krisis migrasi, juga hadir di Lisbon, demikian juga beberapa instalasi, patung, video, dan foto-fotonya yang terkenal.

Namun, Ai mencatat sebagian besar karya itu "belum pernah dipamerkan bersama" dan muncul dalam pameran yang sama untuk pertama kalinya. (VOAIndonesia)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel