-->

TNI-Polri Apresiasi Umat Muslim Tanimbar Taat Prokes Idul Fitri 1442 H


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, AKBP Romi Agusriansyah, S. I. K mengapresiasi seluruh umat muslim yang telah menaati protocol kesehatan (Prokes) selama takbiran dan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah (H)/2021 Masehi (M).

Menurutnya pelaksanaan malam takbiran dan shalat idul fitri sudah sesuai dengan surat edaran Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Nomor SE 07 Tahun 2021 tentang ‘Panduan Salat Idul Fitri Saat Pandemi’ mengatur malam takbiran pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid dan musalla dengan ketentuan secara terbatas, maksimal 10 persen dari kapasitas masjid.

Shalat idul fitri sesuai  50% kapasitas tempat, menggunakan alat pengecekan suhu tubuh, khutbah paling lama 20 menit dengan memanuhi rukun khutbah dan tanpa berjabat tangan setelah ibadah.

“Terima kasih kepada masyarakat muslim di Tanimbar yang sudah mengikuti surat edaran dari pemerintah dengan menerapkan prokes,” ucap dia kepada Lelemuku.com pada Kamis, 13 Mei 2021.

Romi menjelaskan dalam pengamanan Hari Lebaran pihaknya bersama TNI telah membentuk 3 pos pengamanan (Pospam) di Saumlaki dan Kecamatan Wuarlabobar sebagai kecamatan penduduk muslim dipastikan mematuhi edaran itu.  

“Hasil pemantauan takbiran dan shalat idul fitri di 7 titik, Alhamdulillah situasi aman sampai sekarang  tidak ada hal-hal menonjol,” ungkapnya.

Selepas itu, Dandim 1507/Saumlaki Letkol Inf Indra Hirawanto, S.Sos., M.I.Pol menyatakan dalam mendukung pengamanan, pihaknya menyiapkan 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) berjumlah 30 personil. Ia juga langsung turun bersama guna memantau pelaksanaan takbiran dan shalat idul fitri.

“Kami memastikan bahwa imbauan pemerintah sesuai surat edaran diterapkan dan dipastikan semua komitmen,” ujar dia.

Kemudian Danlanal Saumlaki Ridwan Rizky Musa, S.E., M.Tr. Opsla mengaku selama Operasi Ketupat Siwalima Tahun 2021 denga Tema ‘Tingkatkan Sinergitas Polri dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman, Nyaman’, dirinya telah menyiapkan pesonel setingkat regu 10 orang dan melakukan pengamanan di seluruh laut Tanimbar.

“Kami siapkan juga kapal-kapal untuk pengamanan di laut pulau Tanimbar,” akunya.

Komandan Satuan Radar 245/Saumlaki, Letkol Lek. Fusi Arizona menambahkan satuannya selalu siap bersinergi bersama Polres Tanimbar dengan mengaktifkan 1 SST yang tersebar di seluruh daerah tersebut.

Ia pun meminta masyarakat untuk mendukung keamanan dan ketertiban guna menciptakan kondisi yang selalu kondusif seperti citra Tanimbar sebagai daerah paling tinggi toleransi.

“Satrad mewakili TNI AU di Tanimbar selalu siap mendukung kegiatan keamanan Idul fitri,” tutup dia. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel