-->

20 Objek Wisata di Jawa Tengah Tutup Permanen Akibat Pandemi COVID-19

20 Objek Wisata di Jawa Tengah Tutup Permanen Akibat Pandemi COVID-19.lelemuku.com.jpg

 JAKARTA, LELEMUKU.COM - Pandemi Covid-19 telah benar-benar memukul sektor pariwisata di Jawa Tengah. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rachmadi mengatakan ada 20 objek wisata di wilayahnya yang terpaksa tutup atau berhenti beroperasi permanen.

"Dari 690 objek wisata yang terdaftar, 20 objek wisata diantaranya harus menutup usahanya karena tidak mampu beradaptasi dengan keadaan pandemi sehingga pemiliknya betul-betul terpuruk dan tidak bisa melanjutkan usahanya," kata Sinoeng di Semarang, Kamis, 25 Februari 2021.

Sebanyak 20 objek wisata yang tutup itu dikelola oleh pihak swasta dan didominasi wahana bermain air. Beberapa objek wisata milik swasta yang tutup itu antara lain ada di wilayah Kabupaten Banyumas, Wonosobo dan Karanganyar.

Sinoeng menyayangkan penutupan objek wisata itu. Sebab, menurut dia, seharusnya pengelola bisa melakukan penyesuaian atau adaptasi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai hiburan baru.

"Pengelola diharapkan berinovasi dan berkreasi menyesuaikan kondisi pandemi agar tetap bisa beroperasi," kata Sinoeng.

Saat ini, demi membangkitkan sektor pariwisata yang terdampak akibat pembatasan mobilitas, pemerintah setempat mengizinkan  pembukaan sebagian objek wisata dengan penerapan protokol kesehatan ketat. 

"Di Candi Borobudur dan Dataran Tinggi Dieng telah melakukan pembatasan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 30 persen dari biasanya sebagai bentuk dari penerapan prokes," kata Sinoeng. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel