-->

Jatuh di Sekitar Pulau Lancang, Basarnas Buka Posko Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182


Jatuh di Sekitar Pulau Lancang, Basarnas Buka Posko Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182 .lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) memastikan Sriwijaya Air SJ182 jatuh di sekitar perairan Kepulauan Seribu.

"Basarnas segera mengerahkan semua armada untuk mencari di titik lokasi yang diduga jatuh," kata Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Bambang Suryo Aji pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Bambang mengatakan Basarnas akan membuka posko di JICT II malam ini. "Malam ini mencari titik lokasi pesawat itu dimungkinkan jatuh, sehingga besok pagi bisa pencarian dan pendalaman," kata Bambang.

Bambang mengatakan titik kontak terakhir antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.  

"Kami sudah memberangkatkan, ditemukan beberapa serpihan-serpihan yang dicurigai bahwa itu adalah bagian dari Sriwijaya, barang-barang tersebut sekarang ada di kapal Basarnas," kata Bambang.

Jatuh di Sekitar Pulau Lancang, Basarnas Buka Posko Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182 .lelemuku.com.jpgKepolisan Resor Kepulauan Seribu terus melakukan pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang diduga jatuh di sekitar perairan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Dalam proses pencarian itu, polisi menemukan beberapa petunjuk soal keberadaan pesawat.

"Ada ditemukan beberapa tumpahan minyak," ujar Kasat Reskrim Polres Kepulauan Seribu Ajun Komisaris Fahmi Amarullah saat dihubungi Tempo, Sabtu, 9 Januari 2021.

Fahmi menjelaskan pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan usaha pencarian. Gelapnya malam dan minimnya cahaya menjadi salah satu kendala dalam pencarian itu.

"Sampai sekarang kami masih terus mencari," kata dia.

Sebelumnya pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJY182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak (lost contact) dengan menara pengawas, Sabtu ini pukul 14.40. Dari informasi yang beredar, pesawat Sriwijaya Air tersebut jatuh di sekitar Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengonfirmasi informasi tersebut. "Saat ini tengah dalam investigasi dan tengah dikoordinasikan dengan BASARNAS dan KNKT," kata Riyanto.

Riyanto mengatakan pihaknya akan menyampaikan informasi lebih lanjut jika sudah ada perkembangan lain.

Jatuh di Sekitar Pulau Lancang, Basarnas Buka Posko Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182 .lelemuku.com.jpgSerpihan lempengan besi yang diduga berasal dari badan peswat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan di sekitar Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

Serpihan itu ditemukan oleh polisi dan petugas Damkar Kepulauan Seribu yang melakukan evakuasi dan pencarian badan kapal yang jatuh di sana.

"Sampai saat ini kami baru menemukan serpihan itu saja," ujar Kasat Reskrim Polres Kepulauan Seribu AKP Fahmi Amarullah saat dihubungi Tempo, Sabtu, 9 Januari 2021.

Fahmi menjelaskan saat ini pihaknya masih terus melakukan upaya pencarian dengan menggunakan kapal milik Polres Kepulauan Seribu dan dibantu oleh para nelayan. Selain serpihan lempengan besi, Fahmi mengatakan pihaknya juga menemukan tumpahan minyak yang diduga dari pesawat tersebut.

"Sampai saat ini masih akan kami lanjutkan pencarian, belum ada perintah selesai. Kami cari pakai senter," ujar Fahmi. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel