-->

Nurdin Abdullah Yakin Budidaya Udang Sitto di Pinrang Ramah Lingkungan

Nurdin Abdullah Yakin Budidaya Udang Sitto di Pinrang Ramah Lingkungan.lelemuku.com.jpg

PINRANG, LELEMUKU.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang terus mendorong minat untuk mengembalikan budidaya udang sitto (windu). Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah meyakini sitto adalah keunggulan Sulsel, dan kejayaannya seperti puluhan tahun lalu bisa kembali.

“Dengan acara menghadirkan benur yang berkualitas, terus menghadirkan kualitas air diperbaiki, hadirkan teknologi,” katanya.

Hal itu disampaikan pada panen udang sitto Desa Waetuoe, Kelurahan Lanrisang, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, Senin,16 November 2020. Wilayah ini merupakan lokasi budi daya windu ramah lingkungan.

Pembudidaya tambak udang windu di Kabupaten Pinrang menerapkan teknologi konvensional. Sejak ditemukan makanan alami Phronima Sp beberapa tahun silam, pembudidaya makin membangkitkan semangat membudidayakan udang windu.

“Budidaya di sana, sistem budidaya kita di Pinrang itu tradisional, betul murni tradisional, kita tidak pakai pakan buatan, tetapi pakan alami, zat kimia juga tidak digunakan, menggunakan bahan organik ” sebut pendamping dan penyuluh petani budi daya windu Lanrisang, Ir Taufik.

Taufik menjelaskan, pakan alami Pronima Suppa lebih dulu dikembangkan melalui bank pronima sebelum memulai budi daya udang.

“Kita pakai pakan alami Pronima Suppa, Tekniknya kita kembangkan dulu pronima baru tebar udang. Kalau lainnya tebar udang dulu baru kemudian kita kasih makan. Kita hidupkan dulu pronima, baru kita tebar, di pembudidayaan itu juga ada kita istilah bank pronima, jadi ada petakan untuk pengembangan di situ. Untuk biang (indukan) nya pronima,” urainya.

Ia menyebutkan, ketertarikan pembudidaya terhadap komoditi udang windu selain harga jual yang terus meningkat, juga ukuran kecil diminati pasar Jepang. Udang ini juga membawa pengaruh positif pada pola budidaya. Udang windu sejak dahulu hingga kini merupakan salah satu komoditas unggulan sektor perikanan Kabupaten Pinrang. Kejayaannya sejak tahun 1980-an.

Dikutip dari bpsdmkp.kkp.go.id, sejak tahun 2005 ditemukan populasi Phronima Suppa (Phronima sp) jenis mikro crustacea yang hidup secara alami pada perairan tambak tertentu di desa Wiringtasi dan desa Tasiwalie kecamatan Suppa, Pinrang. Phronima sp tidak ditemukan pada tambak di luar kedua desa tersebut (Fattah dan Saenong, 2008).

Saat pertama kali ditemukan oleh masyarakat local, udang ini disebut dengan nama were yang dalam bahasa Bugis berarti berkah.

Phronima Suppa diyakini kaya akan nutrisi penting dalam membangun sistem immunitas internal pada udang serta memperbaiki struktur tanah dan lingkungan perairan.

Hasil analisis proksimat Phronima Suppa memiliki kandungan air 15,2%, abu 30,26%, protein 38,74%, lemak 23,58%, serat kasar 12,22% dan betn 0% (Fattah et al.,2015).

Udang ini setelah dipelihara sekitar 40 hari sudah bisa panen sebanyak 200-250 kg/ha dengan ukuran bobot 16-20 gram/ekor (50-60 ekor/kg).

Ketua Komunitas Pemerhati Udang Windu (Kontinu) Indonesia, Syarifuddin Zain menyebutkan kawasan ini menghasilkan udang ramah lingkungan, tidak mengubakan pestisida.

“Bahan organik seperti yang kita buat, yang kita buat sebagai pengganti pupuk yang dari daun-daunan saja, tetapi ada satu ekstraknya yang kita buat sendiri,” jelasnya.

Syarifuddin menyebutkan, kontinuitas juga berperan penting dalam pengadaan bahan baku, misalnya mencari bahan baku yang lebih murah, di mana pembudidaya dapat membawa sendiri bahannya untuk diolah dengan memberikan subsidi.

“Dia hanya membayar 1/4nya saja dan sudah dirasakan manfaatnya,” tutupnya. (HumasSulsel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel