-->

Paslon, Tim Sukses dan Petugas KPU Purbalingga Positif Ciptakan Kluster Pilkada COVID-19

Paslon, Tim Sukses dan Petugas KPU Purbalingga Positif Ciptakan Kluster Pilkada COVID-19.lelemuku.com.jpg

PURBALINGGA, LELEMUKU.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Drg Hanung Wikantono, MPPM menyatakan adanya temuan klaster penularan virus corona (Covid-19) dalam perhelatan pemilihan kepala daerah di kabupaten tersebut.

Seperti dikutip dari Kompas.com, klaster Pilkada yang menjadikan Purbalingga sebagai zona merah ini muncul setelah adanya tracing dan pengambilan sampel swab pasca dua orang anggota tim sukses salah satu pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga yaitu seorang pria berusia 72 tahun dan 64 tahun meninggal akibat virus corona. Keduanya meninggal dalam perawatan di rumah sakit pada tanggal 22 Oktober dan 23 Oktober.

"Hasil swab salah satu calon terkonfirmasi positif dan masih dirawat," ujarnya pada Jumat (30/10//2020).

Tracing tersebut menghasilkan indikasi bahwa satu orang staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga yang bertugas di bagian penjagaan ikut tertular virus corona.

Pemerintah selanjutnya memperluas tracing kepada 14 orang tim sukses dan 8 orang keluarga paslon. Dengan hasil 3 orang tim sukses positif dan 2 positif pada keluarga paslon. Para pasien saat ini sedang dirawat di RS Emanuel Klampok

"Terakhir tadi siang kami sudah swab di salah satu posko tim sukses, total sampel 9 orang, tinggal menunggu hasil," terangnya.

Meski belum dapat memastikan awal mula transmisi di lingkungan tim sukses. Hanung mengindikasikan adanya kelalaian protokol kesehatan dalam kegiatan masing-masing tim sukses paslon.

Berdasarkan data dari corona.purbalinggakab.go.id, hingga Kamis (29/10/2020) pukul 10.58 WIB, total kasus positif covid di Purbalingga mencapai 353 orang. Sebanyak 230 pasien telah sembuh, 115 positif dirawat dan 8 pasien meninggal. (Kompas)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel