Nature

Henry Sanjaya Jual Walut Tanimbar Mini Seharga Rp150 hingga Rp300 Ribu di Jepang

Henry Sanjaya Jual Walut Tanimbar Mini Seharga Rp150 hingga Rp300 Ribu di Jepang
JAKARTA, LELEMUKU.COM – Pengukir patung mini dari batang korek api dan kayu sonokeling atau sanakeling asal Jatinanggor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Henri Sanjaya menjual hasil karya seninya ukiran Walut atau Patung Tanimbar seharga Rp150 ribu hingga Rp300 ribu di Jepang.

Kepada BBC Indonesia pada 12 Oktober 2020, ia mengatakan bahwa ukiran patung dibuatnya itu dikerjakan sendiri di rumahnya. Ia sengaja memilih patung dengan ukuran sangat kecil atau mungil dibanding ukuran sebenarnya yang mencapai 30cm hingga 40 cm. 

Sanjaya mengaku jika patung khas asal Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku ini dijual dengan harga terjangkau dan sangat diminati warga asing.

Henry Sanjaya Jual Walut Tanimbar Mini Seharga Rp150 hingga Rp300 Ribu di JepangSeni ukir kayu bagi masyarakat Tanimbar sudah ada  sejak masa lampau. Banyak ditemukan patung maupun ukiran dengan berbagai motif yang merupakan simbol kondisi sosial daerah setempat. 

Menurut buku Kekayaan seni ukir di Maluku yang dipublikasikan oleh Lembaga Kebudayaan Daerah Maluku. daya tarik ukiran kayu di Tanimbar lebih dari sekedar keindahan estetika, melainnya simbolisasi yang melekat di setiap pahatan dengan makna di balik motif atau alur pahatan.  

Bentuk dan ukuran kerajinan ukir kayu juga beraneka garam, mulai dari replica ukuran kecil hingga yang mendekati ukuran sebenarnya. Beberapa hasil karya seni ukir Maluku bahkan ada yang dilambangkan dan diperlakukan layaknya tempat tinggal para leluhur.

Henry Sanjaya Jual Walut Tanimbar Mini Seharga Rp150 hingga Rp300 Ribu di JepangBagi pembuat patung di Tanimbar patung kayu yang bermutu hanya dihasilnya dari bahan baku kayu khusus yang disebut Knawe Katutun atau Kayu Kanawa yang memiliki daya tarik pada warna internal dan garis-garis naturalnya.

Berikut nama-nama patung asal Tanimbar, Patung Syompe yaitu patung laki-laki dan perempuan dalam posisi duduk bersila, Walut Syompe yaitu sepaang pasung yang menceritakan tentang dua sejoli yang sedang mempersembahkan beras merah seperti ungkapan syukur kepada Dewi Kesuburan, Walut Makene atau patung leluhur.

Henry Sanjaya Jual Walut Tanimbar Mini Seharga Rp150 hingga Rp300 Ribu di JepangWalut Tumbur menggambarkan sepasang lelaki dan perempuan yang sedang membawa persembahan atau sesaji kepada para leluhur, Walut Tumbur Ulnir Du yang berukuran 30 cm terletak pada model kepala manusia yang tersusun dan terpasang pada sebuah tiang kayu, Walut Ratu Mangamin Medase, Walut Nafrawe, Patung Luli.

Walut Kadera, Patung Leti, Sori Kasi atau Perahu Ular, Sori Sife atau Perahu Ayam, Sori Kasi atau Perahu Layar, Langwa Tabu, Walut Mangajake atau Patung Penjaga, Patung Mangarese dan Walut Kafrei atau Patung Perang. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...