-->

Pemkab Tanimbar Pulangkan 11 Pasien Sembuh COVID-19 Kepada Keluarga

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COMPemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku akan memulangkan sebanyak 11 pasien dengan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang telah dinyatakan sembuh pada Senin (21/09/2020).

Menurut Bupati Petrus Fatlolon, SH., MH tim medis di daerah yang dipimpinnya telah melakukan evaluasi terhadap ke-29 pasien COVID-19 yang saat ini dalam keadaan baik dan sehat, namun baru 11 orang yang dinyatakan non reaktif rapid test. Sedangkan sisanya sebanyak 18 orang masih harus dievaluasi selama 4 hari ke depan.

“Puji Tuhan mereka dalam kondisi baik-baik saja. Sehingga berharap bisa kembali bergabung dengan keluarga di desa masing-masing pun dalam keadaan baik dengan mengantongi surat keterangan sehat dan tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat,” harap dia saat memimpin apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Senin (21/09/2020).

Kemudian Kepala Dinas Kesehatan dr. Edwin Tomasoa menambahkan bahwa sebanyak 18 pasien COVID-19 lainnya masih akan dievaluasi, setelah itu jika masih reaktif rapid test akan dilanjutkan dengan swab test kembali.

Sementara itu, dalam memulangkan ke-11 orang bebas corona, pihaknya secara persuasif meminta keluarga dari para pasien untuk menerima kembali anggota keluarga mereka dan mempercayai pihak medis yang telah memastikan kesembuhan para pasien. Tomasoa pun berharap  kepada para pasien sembuh corona setelah kembali ke tengah keluarga harus tetap melakukan karantina mandiri selama 10 hari.

“Hasilnya dari 29 orang itu 11 boleh pulang atau non reaktif. Di RSUD, dokter penangungjawab penyakit dalam hanya mengijinkan 5 dari 14 orang. Berarti sisa 9 orang masih tinggal di RSUD. Di Puskesmas Lolurun dari 15 orang kami rapid tambah salah satu anak pasien, ada 16 hasilnya 9 masih reaktif. Jadi sudah boleh pulang yang penting keluarga sudah siap,” ungkapnya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel