-->

Amon Djobo Serahkan Mesin Peras Minyak Kemiri ke Kelompok Paa Bala-Menbang

Amon Djobo Serahkan Mesin Peras Minyak Kemiri ke  Kelompok Paa Bala-MenbangKALABAHI, LELEMUKU.COM — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah, Bank NTT Cabang Alor menyerahkan sebuah mesin pemeras minyak kemiri kepada Kelompok Usaha Minyak Kemiri Paa Bala – Menbang, Desa Lawahing, Kecamatan Kabola.

Penyerahan Teknologi Tepat Guna (TTG) terebut dilakukan oleh Bupati Alor, Drs. Amon Djobo beserta Pimpinan Cabang Bank NTT Cabang Alor, Detsuhi E. Obisuru, SE langsung di lokasi usaha Dusun 1, RT/ RW: 02/4, disaksikan Kepala Desa Lawahing dan sejumlah anggota kelompok yang terdiri dari para ibu Rumah Tangga.

Selain bantuan mesin yang juga diterima disejumlah wilayah di Kabupaten Alor yang tersebar di beberapa kecamatan penghasil buah kemiri, pada kesempatan tersebut Bupati Djobo juga menyumbang sejumlah dana untuk operasional kegiatan kelompok.

Bupati Djobo dalam sambutannya merasa bangga dengan semangat bekerja para ibu, terlebih Ibu Pendeta (Pdt) Laura Meza yang menjadi perintis kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat sejak Juni 2019 lalu.

Bupati Dua Periode ini juga memuji usaha dan kerja keras para ibu yang tak kenal siang dan malam guna menghasilkan sebuah produk usaha yang sudah mulai dikenal dan diminta dari daerah luar.

“Saya lihat sangat luar biasa usaha kerja keras secara manual dari para ibu ini. Malahan saya dengar tadi dari laporan ketua kelompok, bahwa para ibu ini bekerja kadang dari pagi hingga pagi. Hal ini sangat saya hargai semua upaya dan jerih lelah serta kerja keras dan menjadi contoh bagi kita orang Alor yang lain di desa-desa dan di masyarakat perkotaan,” turur Bupati Amon.

Bupati Djobo juga berpesan agar mesin yang dapat meningkatkan produksi ini digunakan secara baik dan bisa memproduksi secara berkelanjutan.

“Mama-mama semua, saya harap ini mesin pemeras minyak kemiri ini digunakan secara baik. Jangan disimpan sampai rayap mengeram di dalam. Artinyanya apa dengan hadirnya mesin industri kecil ini mama-mama tidak pakai tenaga yang besar lagi untuk produksi dan hasilnya bisa lebih cepat dan lebih banyak,” pinta Bupati Yang Senang berkunjung ke gunung-gunung ini.

Lebih lanjut bupati berpesan kepada Ibu Pendeta GMIT Jemaat Betania-Menbang, Klasis Kabola ini agar bisa mengembangakan tanam-tamanan, lain selain kemiri dalam rangka menemukan dan memproduksi obat-obatan yang berguna bagi kesehatan, termasuk pengobatan Virus Corona (Covid-19) yang sedang berlangsung.

Bupati Djobo juga mencontohkan beberapa jenis kayu dan rempah-rempah yang mampu menambah stamina sesorang, di antaranya: kayu ular, taduk, sareh, lengkuas, dan bawang putih yang kini menjadi bahan obat-obatan dan sirup bagi daya tahan tubuh yang dikembangkan di sejumlah negara di dunia.
Sementara itu, Pdt. Laura Mesa, ketika ditanya manfaat bantuan, dirinya mengatakan bantuan yang diberikan Pemerintah dan Bank NTT sangat membantu karena selama ini menggunakan tenaga manusia secara manual, sehingga lama produksinya bisa dua hingga tiga hari, namun dirinya merasa sangat senang, karena usahanya dari kecil dan gagal, namun sesuai dengan namanya: Paa bala, dalam Bahasa Setempat berarti: Kesabaran, maka akhirnya membuahkan hasil dan dapat dijual ke sejumlah tempat di Alor dan di luar Alor sesuai pesanan, seperti dikirim ke Kupang, Atambu-Belu, Sabu dan Batam. Bahkan menurut istri dari Maksi Beli ini, bahwa seorang temannya telah membawa produksinya ke Hongkong.

Pdt. Meza dalam Pesan Singkat menulis, bahwa produksi minyak kemiri pada kelompok usaha yang dibimbingnya hingga saat ini, per hari mencapai 10 kilogram kemiri yang akan menghasilkan kurang lebih 48 botol berukuran 60 mili liter. Biasanya dijual dengan harga Rp 30 ribu/ botol.
Sistem penjualannya di Alor bisa pesan langsung atau diitemukan disejumlah toko dan kios. Juga yang jauh pesanannya melalui On Line (face book) dan bila ada pembeli yang berminat bisa menghubungi nomor Kontak Person: Handphone 085253306934.

Khasiat yang diperoleh menurut beberapa orang yang telah menggunakannya dapat menyembuhkan berbagai penyakit masuk angin, gatal-gatal, nyeri otot, luka, dan dapat pula menghitamkan rambut yang putih (uban) serta menumbuhkan rambut yang botak.

Ayo yang berminat disilahkan pesan Minyak Kemiri Berkualitas Tinggi Dari Dusun Pegunungan Lawahing hasil karya para ibu di kampung Menbang (Kampung Alang-alang). (SetdaAlor).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel