-->

Gempa di Tolitoli dan Buol Membuat Warga Panik dan Berlarian Keluar Rumah

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Wilayah Tolitoli dan Buol Sulawesi Tengah diguncang gempa tektonik Hari Selasa, 31 Desember 2019, pukul 12.18.27 WIB.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Dr. Daryono, S.Si., M.Si bahwa hasil analisis BMKG menunjukkan magnitudo hasil pemutakhiran M=4,9.

Episenter terletak pada koordinat 1,27 LU dan 120,79 BT tepatnya di laut pada jarak 43 km arah timur Toli-Toli, Sulawesi Tengah pada kedalaman 66 km.

Gempa ini merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng yang menunjam ke bawah lengan utara Pulau Sulawesi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault), yang merupakan ciri khas gempa dampak tumbukan lempeng.

Guncangan dilaporkan dirasakan di Tolitoli dan Buol dalam skala intensitas IV MMI dimana guncangan dirasakan oleh orang banyak dan Parigi Moutong III MMI dimana guncangan seperti ada truk lewat dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Warga di Tolitoli dan Buol dilaporkan sempat lari berhamburan ke luar rumah karena terkajut akibat adanya guncangan kuat yang terjadi secara tiba-tiba.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 12.41 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Kawasan Tolitoli dan Buol memang kawasan rawan gempa. Sejarah mencatat di wilayah ini pernah terjadi gempa kuat dan merusak pada tahun 1979, 1983, 1996, dan 1997. Tsunami juga pernah terjadi di pantai Tolitoli pada tahun 1904. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel