Pertamina EP Tingkatkan Sinergi dengan Pemerintah Muaro Jambi - . | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Pertamina EP Tingkatkan Sinergi dengan Pemerintah Muaro Jambi

Pertamina EP Tingkatkan Sinergi dengan Pemerintah Muaro Jambi SENGETI, LELEMUKU.COM – Tindaklanjuti kesuksesan city gas project di Kota Jambi, rombongan pejabat tinggi lintas instansi melakukan audiensi ke Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi di Sengeti, Kamis (7/2).

Kedatangan para petinggi tersebut dipimpin oleh Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang juga mantan Ketua BPK pada tahun 2014 lalu, Rizal Djalil bersama dengan Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto dan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Dr. Ir. Djoko Siswanto. Turut hadir mendampingi kunjungan kehormatan ini Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Adiyanto Agus Handoyo dan Pjs. Pertamina EP Asset 1 General Manager, Tri Sasongko.

Rombongan diterima oleh Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro bersama Asisten dan jajaran OPD Kabupaten Muaro Jambi terkait di ruang kerjanya. Dengan hangat, Masnah menyambut para decision makers di bidang migas tersebut. Selaku ketua tim, Rizal Djalil menyampaikan kunjungan ini bagian dari silaturahmi sekaligus roadshow hulu migas di wilayah Jambi dan maksud dan tujuan tim menemui Bupati Muaro Jambi adalah untuk membicarakan tindak lanjut dari implementasi city gas project di Provinsi Jambi yang sebelumnya telah dikembangkan di Kota Jambi.

“Kami melihat Muaro Jambi sebagai daerah yang potensial untuk dapat dikembangkan city gas project karena Muaro Jambi sudah mempunyai sumber daya gas yang cukup," ujar Rizal. Ditambahkan oleh Dwi Sutjipto, SKK Migas bersama Pertamina EP sangat siap mendukung untuk realisasi dari seluruh proyek ini.

"Kalau industri hulu migas, tentu sangat senang sekali jika cadangan gas kami akan memiliki buyer (pembeli), karena gas yang kami miliki tidak bisa diproduksi jika kami belum memiliki pembeli dari gas tersebut, sangat berbeda dengan minyak bumi”, ungkap Dwi.

Selaku pihak pemerintah yang menjalankan regulasi, Djoko Siswanto siap mengawal implementasi dari city gas project ini. Pemerintah saat ini terus mendorong konversi LPG ke gas bumi yang salah satunya melalui pembangunan jaringan gas rumah tangga di seluruh Indonesia dan Kabuten Muaro Jambi menjadi salah satu Kabupaten yang ada dalam target APBN 2019.

“Tahun ini Ditjen Migas akan menargetkan pembangunan infrastruktur Jaringan Gas (Jargas) di wilayah Jambi", ungkapnya.

Djoko Siswanto menambahkan jika masyarakat sudah memperoleh energi dan gas bumi tersebut, tentu ekonominya akan tumbuh dengan baik, lingkungan kita akan bersih dan transportasi pastinya akan tumbuh dan berkembang dengan pesat.

"Inilah harapan pemerintah yang sangat memerlukan dukungan dari Pemda setempat, stakeholders dan mitra perusahaan guna mendukung suksesnya pembangunan jargas di suatu daerah," harapnya.

Menanggapi hal tersebut Masnah Busro menyambut positif rencana tersebut karena bersifat sangat strategis dan merupakan bagian dari peningkatan layanan bagi masyarakat terkait kebutuhan energi khususnya bagi sektor rumah tangga.

“Kabupaten Muaro Jambi siap mendukung program jaringan gas rumah tangga ini, karena sangat menyentuh kepada masyarakat”, kata Masnah Busro di sela-sela menerima kunjungan itu.

Ia menjelaskan, dengan dibangunnya jaringan gas rumah tangga itu, masyarakat akan mendapatkan pasokan gas LPG langsung ke  rumah-rumah dengan biaya yang lebih murah dan ekonomis.

Dalam pertemuan tersebut diungkapkan sebanyak 10.000 rumah tangga di tiga kecamatan akan masuk ke dalam perencanaan stategis pengunaan energi baru terbarukan tersebut.

“Rencana kami akan direalisasikan di Kecamatan Sengeti, Sekernan, dan Kumpeh, " ujar Masnah.

Sementara itu menurut Djoko Siswanto pihaknya akan segera menurunkan tim untuk mengecek lokasi. “Setelah mendapat izin dari Bupati, tim kita akan turun untuk cek lokasi, serta pemetaaan sehingga nantinya Pemerintah Muaro Jambi tinggal mengajukan proposal dengan pihak Kementerian, sehingga pihak kita dapat segera menindak lanjuti," katanya.

Pertamina EP Asset 1 Jambi Field akan menjadi penyuplai gas jika rencana ini direalisasikan. Salah satu struktur di Pertamina EP Asset 1 Jambi Field, Simpang Tuan, merupakan struktur kaya akan gas yang belum termanfaatkan secara maksimal. Struktur ini berada di Kabupaten Muaro Jambi dan sangat dekat dengan pusat pemerintahan Muaro Jambi di Sengeti. (Pertamina)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...