-->

Nelayan Panyuran Pantai Kelapa Keluhkan Harga Rajungan ke Sandiaga Uno

Nelayan Panyuran Pantai Kelapa Keluhkan Harga Rajungan ke Sandiaga UnoTUBAN, LELEMUKU.COM – Kanang (37) nelayan asal Panyuran Pantai Kelapa, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, mengeluhkan harga rajungan yang terus turun. Padahal tahun 2018 lalu, harganya masih tinggi. Hal ini dikemukakan Kanang, saat berdialog dengan Sandiaga Salahuddin Uno di pinggir Pantai Kelapa, dalam dialog dengan Nelayan Pantai Kelapa dan emak-emak, Kamis (14/2).

“Saya nelayan dari pantai kelapa. Perwakilan dari konco-konco nelayan di sini. Saya bingung pak, harga rajungan turun jauh. Tahun 2018 lalu harga rajungan masih Rp 80 ribu. Sekarang hanya Rp 35,” keluh Kanang.

Kanang pun bertanya apa solusi yang akan diberikan Prabowo-Sandi jika terpilih di tahun 2019-2024 agar harga rajungan stabil dan mensejahterakan nelayan Pantai Kelapa.

Pada Kanang, Sandi menyatakan kalau nelayan adalah prioritas dalam program kerja Prabowo-Sandi. Juga petani, buruh, dan pelaku usaha kecil serta menengah, untuk meningkatkan ekonomi mereka.

“Kami berkomitmen inshaa Allah jika kami terpilih melayani masyarakat Indonesia,  karena nelayan kelompok yang diprioritaskan. Kami akan menstabilkan harga tangkapan rajungan supaya tidak anjlok seperti sekarang,” ucap Sandi.

Salah satu cara untuk menjaga harga rajungan stabil adalah dengan membangun  industrinya. Misalnya dengan pemanfaatan cangkang rajungan, diolah menjadi herbal, namanya glukasomim. Itu sangat baik untuk persendian.

“Ada potensi yang lebih besar yaitu mengolah cangkang rajungan menjadi suplemen. Para pelari, penderita radang sendi membutuhkan suplemen ini, dan lari adalah gaya hidup. Tidak hanya di Indonesia, tapi dunia,” terang Sandi.

Sandi menambahkan, jadi tidak ada yang terbuang dari rajungan jika dibangun industrinya.

“Nanti jika inshaa Allah saya dan Pak Probowo terpilih, kami hadirkan industri padat karya cangkang rajungan yang menghasilkan daging dan cangkang untuk ekspor. Ini akan menggerakkan ekonomi masyarakat. Hingga mensejahterakan para nelayan Pantai Kelapa,” harap Sandi,

Sandi sempat merasakan laut tenang Pantai Kelapa. Eks wakil gubernur DKI Jakarta ini diarak oleh nelayan menuju kapal, dan sempat melaut menjauh bibir pantai. (BPN)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel