-->

Tamzil Minta Kepala OPD Kudus Siaga Bencana Banjir

Tamzil Minta Kepala OPD Kudus Siaga Bencana BanjirKUDUS- Bupati Kudus H.M. Tamzil mengajak para Kepala OPD terlibat langsung dalam siaga banjir kali ini. Hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi evaluasi penyerapan realisasi anggaran tahun 2018 dan persiapan pelaksanaan APBD TA 2019 di Command Center Diskominfo Kudus pagi ini (29/1).

Cuaca ekstrem yang terjadi di Kudus sejak awal tahun menyebabkan banjir di beberapa wilayah. Rapat koordinasi kesiapan penanggulangan bencana sudah dilakukan di masing-masing kecamatan bersama bupati. Untuk lebih maksimal, bupati meminta setiap kepala OPD ikut memantau setiap wilayah. "Tolong Pak Sekda untuk membagi wilayah kepala OPD," ujarnya.

Kepala OPD ditugaskan untuk mendampingi camat dalam koordinasi menghadapi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. "Tak perlu hadir di posko setiap hari, mungkin datang sesekali untuk memberi support. Yang penting selalu berkoordinasi dengan camat," ujarnya. Sementara BPBD diminta menjadi koordinator apabila terjadi peristiwa yang insidental.

Beberapa wilayah Kudus sudah terpantau banjir. Bupati Kudus mengapresiasi camat yang sudah siap dalam penanganan banjir. Dirinya juga mengapresiasi BPBD yang sudah banyak membantu logistik. Tamzil meminta kecamatan untuk mendirikan dapur umum dalam penyediaan makanan pengungsi. "Bisa bekerjasama dengan ibu-ibu PKK untuk memasak di dapur umum," ujarnya.

DKK juga diminta untuk mengaktifkan semua puskesmas agar pengungsi yang sakit bisa tertangani dengan cepat. Bupati menegaskan telah meminta RSUD siap menerima pasien korban pengungsi dari puskesmas untuk langsung ditangani ketika dibawa ke RSUD.

Selain itu, dalam rapat dipaparkan mengenai beberapa OPD yang masih belum memenuhi target dalam pemenuhan PAD. Ada beberapa sumber dana yang tidak masuk. Sehingga tahun 2019 harus ada ketekunan dan keseriusan dalam melaksanakan program.

"Saya memaklumi karena 2018 tahun Pilkada, sehingga banyak program yang akhirnya agak terlambat. Namun saya harap di tahun 2019 semua program bisa berjalan maksimal," ujarnya. Setiap OPD diminta untuk sering berkoordinasi sehingga program bisa dijalankan tepat waktu. Dirinya meminta pada triwulan pertama, semua program sudah lelang. Sehingga paling tidak Februari proses lelang sudah mulai dijalankan. Pun jika ada pendapatan yang sudah siap setor, dimohon untuk langsung disetor saja dan tidak ditunda-tunda.

Selain itu, Wabup H.M. Hartopo yang hadir dalam rapat menyoroti agar ASN meningkatkan kedisiplinannya. Dirinya meminta agar kepala OPD dan staf bekerja secara profesional. Namun, dirinya juga memberikan apresiasi dalam perbaikan jalan berlubang yang langsung ditangani. "Walaupun bukan wewenang kita, namun jika ditambal, pasti akan memudahkan akses masyarakat dalam berkendara di jalan," ujarnya. Meskipun memang, untuk saat ini masih banyak jalan yang belum diperbaiki.

Dalam rapat, hadir seluruh kepala OPD bersama dengan camat dan kepala desa se-Kudus. Beberapa memberikan laporan mengenai program yang akan berjalan dalam waktu dekat. (DiskominfoKudus)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel