-->

Presiden Peter Martin Christian Ikuti Misa di Katedral Santo Fransiscus Xaverius Ambon

Presiden Peter Martin Christian Ikuti Misa di Katedral Santo Fransiscus Xaverius AmbonAMBON, LELEMUKU.COM  - Mengakhiri kunjungan pulang kampungnya di Maluku, Presiden dari Federated States of Micronesia Peter Martin Christian mengikuti Perayaan Ekaristi bersama umat Katolik di Katedral Santo Fransiskus Xaverius Ambon, Provinsi Maluku pada Minggu (22/7).

Dihadapan jemaat Presiden Christian mengaku bahagia dapat mengenal lebih dekat meski hanya dalam beberapa hari saja tanah asal nenek moyangnya. Sebab ini merupakan kali pertama dirinya dapat mengetahui lebih detail tentang Maluku.

"Sebagai anggota gereja Katolik, saya mengucapkan terima kasih kepada semua saudara seiman yang mengizinkan saya  untuk beribadah di gereja ini. Saat ini ingin saya katakan bahwa kedatangan saya kembali ke Indonesia bukan saja menemukan asal usul keluarga saya tetapi juga meneguhkan iman saya," ujar dia saat memberikan kesan dan pesan usai misa.

Generasi ketiga dari keturunan Ambon yang tinggal di Pomphpei, Mikronesia ini menyatakan bahwa sukacita sebagai orang Maluku dapat ia rasakan saat bersama-sama melakukan misa dengan umat dan ketika melihat kebersamaan antara umat beragama di Maluku..

"Saya sangat bahagia dan terhormat bisa berada di Ambon dan mengadakan misa di gereja Katolik ini dengan semua umat. Sebagai pengikut antara umat beragama, marilah kita semua mengajak anak-anak kita untuk menjaga perdamaian antara kita semua, satu sama yang lain," kata Christian.

Dia mengaku merasa terhormat melakukan kunjungan di Indonesia, sebab dirinya dapat melihat kedamaian dalam perbedaan beragama.

"Saya menemukan banyak hal yang indah di Indonesia terutama di Ambon. Tapi kedamaian terindah yang saya temukan adalah kedamaian bersama-sama dengan saudara-saudara di gereja, dan juga kedamaian antara umat beragama di Ambon," ungkap Christian.

Perayaan ekaristi ini juga diwarnai dengan penandatanganan prasasti kunjungan Presiden di Gereja Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon.

Usai misa Presiden Christian langsung menuju Bandara Pattimura untuk kembali ke negaranya

Presiden Peters Marthin Christian menjadi Presiden dari Federate States of Micronesia sejak 11 Mei 2015. Federasi Serikat Micronesia merupakan negara di Pasifik Utara yang dideklarasikan sebagai sebuah negara pada tahun 1986 dan Indonesia merupakan salah satu negara yang mendukung negara tersebut untuk masuk dalam organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tahun 1992.

Ia merupakan generasi ketiga dari Maluku yang tinggal di Micronesia. Kakeknya berasal dari Desa Haria, di Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

Ini merupakan kunjungan pertamanya ke Indonesia sebagai presiden  atas undangan kenegaraan dari Presiden Joko Widodo, guna membicarakan berbagai peluang kerja sama antara  Sementara ke Ambon sejak Jumat (20/7) hingga Minggu (22/7) dengan agenda selain untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan pemerintah Provinsi Maluku, kunjungan kedua kali ini juga untuk bertemu keluarga besarnya, sekaligus untuk mengetahui silsilah keluarganya.

Khusus kunjungan ke Ambon merupakan yang kedua kalinya setelah yang pertama tahun 1991 bersama sang ayah Marthin Christian Souisa dan anak perempuannya. Mereka hanya sempat menginap semalam pada salah satu hotel transit di dekat Bandara Internasional Pattimura Ambon Laha. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel