-->

Presiden Jokowi Sebut Presiden Micronesia, Peter Martin Christian Pulang Kampung

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Indonesia, Joko Widodo menyebut kedatangan Presiden Federate States of Micronesia (FSM) atau Federasi Mikronesia, Peter Martin Christian merupakan mudik atau pulang kampung halaman.

Informasi mengenai Presiden Micronesia yang keturunan Maluku dan akan mudik ke Desa Haruku, Kecamatan Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku ini disampaikan melalui akun resmi Presiden Joko Widodo.

Dalam akun @jokowi itu disebutkan, Peter Martin Christian akan pulang kampung ke kepulauan tempat kakeknya berasal.

 "Pulang kampung? Presiden Christian adalah keturunan orang Maluku generasi ketiga di Mikronesia," tulis Presiden Jokowi di akun twitternya pada Kamis (19/7) .

Dikatakan, selain tujuan kenegaraan  Presiden Christian yang tengah berkunjung ke Indonesia didampingi Presiden Jokowi tak hanya melihat Jakarta, tetapi juga pulang ke kampung halamannya di Pulau Haria.

"Presiden Federasi Mikronesia, Peter Martin Christian berkunjung ke Indonesia sejak kemarin. Selain ke Jakarta dan Bandung, beliau juga "pulang kampung" ke Ambon," ungkap Presiden Jokowi.

Rencananya pria yang lahir di Ponhpei, Micronesia pada 16 October 1947 ini akan berkunjung di Maluku dari tanggal 20 sampai dengan 22 Juli 2018 .

Presiden Micronesia pengganti Manny Mori sejak 11 Mei 2015 ini akan berada di Kota Ambon selama tiga hari dan melakukan berbagai aktifitas salah satunya memberikan kuliah umum di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon. 

Selama berada di Kota Ambon, Presiden Micronesia juga akan, mengunjungi home industry yang ada di Kota Ambon.

Sebelumnya pada Rabu (18/7) Presiden Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Christian di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. 

Christian dan rombongan tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 10.00 WIB, disambut meriah Alunan Gondang Tapanuli Selatan.
Pasukan marching band, pasukan berkuda, dan pasukan pakaian adat dari Paspampres mengawal iring-iringan mobil Presiden Federasi Serikat Mikronesia dan rombongan saat memasuki Istana, tidak ketinggalan anak-anak sekolah berpakaian adat berbaris rapi mengibarkan bendera kedua negara.

Kehadiran Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M. Christian disambut hangat oleh Presiden Jokowi di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor.

Setelah bersalaman, kedua kepala negara kemudian mengikuti upacara‎ penyambutan resmi, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Federasi Serikat Mikronesia dan lagu Indonesia Raya, diiringi 21 dentuman meriam.

Kemudian keduanya berjalan di atas karpet merah untuk memeriksa pasukan dan memberi hormat saat melintasi bendera kedua negara yang dibawa oleh Paspampres.

Usai acara pengisian buku tamu, sesi foto bersama, dan veranda talk, Presiden Jokowi mengajak Peter M. Christian ke halaman belakang Istana untuk menanam Pohon Kayu Ulin.

Acara dilanjutkan dengan Pertemuan Bilateral, Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU), dan Pernyataan Pers Bersama.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menko Polhukam Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita.

Federasi Mikronesia (Federated States of Micronesia) adalah sebuah negara kepulauan berdaulat di Samudra Pasifik, yang terdiri dari 4 (empat) negara bagian, yaitu Yap, Chukk, Pohnpei, dan Kosrae. (Albert Batlayeri/Setkab)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel