-->

Kudam Pattimura Ikuti Bimtek Laporan Keuangan Triwulan - Berita Terbaru

Kudam Pattimura Ikuti Bimtek Laporan Keuangan Triwulan - Berita Terbaru


Kudam Pattimura Ikuti Bimtek Laporan Keuangan Triwulan

Posted: 24 May 2017 12:00 AM PDT

Kudam Pattimura Ikuti Bimtek Laporan Keuangan Triwulan
AMBON, KALWEDO - Keuangan Kodam (Kudam) XVI/Pattimura ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Laporan Keuangan Triwulan II Tahun Anggaran 2017 dari Tim Subdit Akuntansi Dirjen Keuangan Angkatan Darat, yang diselenggarakan di Aula Kuwera Kudam Jl. A Yani, Kota Ambon, Selasa.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kakudam Kolonel Cku Abdul Djalil Tuasikal, Wakakudam Letkol Cku Harrsys Yunianto, para Perwira Keuangan Satuan Kerja (Paku Satker), dan seluruh staf Kudam XVI/Pattimura baik bintara, tamtama, maupun PNS.

Direktur Keuangan Angkatan Darat Brigjen TNI Sasongko Hardono sebagai Ketua Tim Bimtek LK TA.2017 dalam amanatnya mengatakan, di era reformasi saat ini Kementerian Pertahanan dan TNI sebagai bagian dari pemerintah dituntut melakukan reformasi internal sesuai dengan undang-undang dan aturan yang berlaku.

"Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah yaitu menciptakan good and clean governance (pemerintahan yang baik dan bersih)," katanya.

Sehubungan dengan itu, Pimpinan TNI AD sudah mengambil beberapa kebijakan guna mewujudkan TNI AD yang bersih. Salah satu kebijakan yang diambil adalah dengan cara memperlakukan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebagai otorisasi terhadap beberapa akun, yang sudah diterapkan mulai tahun 2013.

Menurut Sasongko Hardono, Laporan Keuangan yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, LO, LPE dan Catatan Atas Laporan Keuangan tidak dapat disusun tanpa kerja sama dari unsur keuangan, anggaran dan logistik satuan.

"Untuk membuat sebuah laporan keuangan dibutuhkan pertanggung jawaban atas kebenarannya sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Maka dari itu perlu SDM pejabat Akuntansi dan Operator Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) yang mumpuni dalam mengawakinya.

"Saya mengingatkan kembali, ikuti kegiatan bimtek ini secara serius dan tanyakan hal-hal yang tidak jelas kepada Tim Bimtek, sehingga tercipta SDM yang memiliki kompetensi dan produktivitas tinggi dalam menyusun Laporan Keuangan yang transparan dan akuntabel," katanya. (antara)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel