-->

Vladimir Putin dan Mohammed bin Salman Bahas Produksi Minyak, Gaza, dan Ukraina


RIYADH, LELEMUKU.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Arab Saudi pada Rabu, dalam perjalanan luar negeri yang jarang terjadi, untuk membahas produksi minyak, OPEC+ dan perang di Jalur Gaza dan Ukraina.

Pertemuan Putin dengan pangeran, yang dikenal sebagai MbS, terjadi setelah harga minyak turun meskipun ada janji dari OPEC+, yang merupakan kelompok Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya yang dipimpin oleh Rusia, untuk mengurangi produksi lebih lanjut.

Putin tiba di Abu Dhabi untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MbZ) yang menyebut Putin sebagai "sahabatnya". Dia kemudian dijadwalkan melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk pertemuan tatap muka pertamanya dengan MBS sejak Oktober 2019.

Kremlin mengatakan mereka akan membahas kerja sama energi, termasuk sebagai bagian dari OPEC+, yang anggotanya memproduksi lebih dari 40% minyak dunia.

“Hubungan kita, sebagian besar karena posisi Anda, telah mencapai tingkat tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Putin kepada Sheikh Mohammed, yang dikenal sebagai MbZ, di istana presiden. “UEA adalah mitra dagang utama Rusia di dunia Arab.”

Putin mengatakan Rusia dan UEA bekerja sama sebagai bagian dari OPEC+, dan menambahkan bahwa mereka akan membicarakan perang Israel Hamas dan situasi di Ukraina.

Kunjungan terakhir pemimpin Kremlin ke wilayah tersebut adalah pada Juli 2022, ketika ia bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei di Iran.

Belum jelas apa yang ingin disampaikan Putin, yang jarang meninggalkan Rusia sejak awal perang Ukraina, mengenai pasar minyak kepada putra mahkota Arab Saudi, eksportir minyak mentah terbesar di dunia, hanya beberapa hari setelah perselisihan menunda pertemuan penting OPEC+.

Selain minyak, mereka akan membicarakan perang antara Israel dan Hamas, situasi di Suriah dan Yaman, dan isu-isu yang lebih luas seperti memastikan stabilitas di Teluk, kata Kremlin. Seorang ajudan Kremlin mengatakan Ukraina juga akan dibahas.

Putin akan menjamu Presiden Iran Ebrahim Raisi di Moskow pada Kamis, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Hubungan Dekat

Putin dan MbS, yang bersama-sama mengendalikan seperlima produksi minyak setiap hari, telah lama menjalin hubungan dekat, meski keduanya terkadang dikucilkan oleh Barat.

Pada KTT G20 tahun 2018, hanya dua bulan setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi, Putin dan MbS melakukan tos dan berjabat tangan sambil tersenyum.

MbS, 38 tahun, telah berusaha untuk menegaskan kembali Arab Saudi sebagai kekuatan regional yang tidak terlalu menghormati Amerika Serikat, yang memasok sebagian besar senjatanya ke Riyadh dan merupakan produsen minyak terbesar dunia.

Putin, yang mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022, mengatakan Rusia terlibat dalam pertempuran sengit dengan Barat – dan telah menjalin hubungan dengan sekutu di Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, dan Asia di tengah upaya Barat untuk mengisolasi Moskow.

Baik MbS maupun Putin, 71 tahun, menginginkan – dan membutuhkan – harga minyak yang tinggi – yang merupakan sumber kehidupan perekonomian mereka. Pertanyaan bagi keduanya adalah seberapa besar beban yang harus ditanggung masing-masing negara untuk menjaga harga tetap tinggi – dan bagaimana memverifikasi beban tersebut.

OPEC+ bulan lalu menunda pertemuannya beberapa hari karena ketidaksepakatan mengenai tingkat produksi oleh beberapa anggota. Menteri Energi Saudi mengatakan OPEC+ juga menginginkan lebih banyak jaminan dari Moskow bahwa mereka akan memenuhi janjinya untuk mengurangi ekspor bahan bakar.

Hubungan antara Saudi dan Rusia di OPEC+ terkadang tidak mudah dan kesepakatan mengenai pengurangan produksi hampir gagal pada bulan Maret 2020, karena pasar sudah terguncang oleh timbulnya pandemi Covid.

Namun keduanya berhasil memperbaiki hubungan mereka dalam beberapa minggu dan OPEC+ setuju untuk memangkas hampir 10% permintaan global untuk menopang pasar minyak.

Sejak pecahnya perang antara Israel dan Hamas pada 7 Oktober, Putin menganggap konflik tersebut sebagai kegagalan kebijakan AS di Timur Tengah dan telah membina hubungan dengan sekutu Arab dan Iran, serta dengan kelompok militan Palestina.

Ketika Rusia melakukan intervensi dalam Perang Saudara Suriah pada tahun 2015, mereka membantu menyeimbangkan kepentingan Bashar Al-Assad, memastikan kelangsungan hidup Presiden Suriah meskipun ada tuntutan Barat agar ia digulingkan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel