-->

Delegasi Pembicaraan Iklim PBB Sepakat Beralih dari Bahan Bakar Fosil


ABU DHABI, LELEMMUKU.COM - Hampir 200 negara pada Rabu (13/12) sepakat untuk beralih dari bahan bakar fosil yang menyebabkan pemanasan global, yang merupakan pertama kalinya mereka membuat janji penting dalam beberapa dekade perundingan iklim PBB. Meskipun banyak yang memperingatkan bahwa perjanjian tersebut masih memiliki kekurangan yang signifikan.

Perjanjian tersebut disetujui tanpa protes yang dikhawatirkan banyak orang, dan lebih kuat dari rancangan yang diajukan pada awal pekan, yang membuat marah sejumlah negara. Namun perjanjian ini tidak menyerukan penghentian penggunaan minyak, gas, dan batu bara secara bertahap, dan hal ini memberikan ruang gerak yang signifikan bagi negara-negara dalam “transisi” untuk meninggalkan bahan bakar tersebut.

Dalam beberapa menit setelah pembukaan sesi pada Rabu, Presiden COP28 Sultan al-Jaber menyetujui dokumen utama tersebut, sebuah evaluasi tentang betapa tidak sejalannya dunia dalam hal iklim dan bagaimana cara untuk bangkit kembali, tanpa memberikan kesempatan bagi para pengkritik untuk berkomentar.

Dokumen tersebut merupakan bagian penting dari perjanjian Paris tahun 2015 dan tujuan yang disepakati secara internasional untuk mencoba membatasi pemanasan hingga 1,5 derajat Celcius di atas masa pra-industri.

Target tersebut disebutkan sebanyak 13 kali dalam dokumen inventarisasi, dan al-Jaber berulang kali menyebutnya sebagai “bintang utara”. Sejauh ini suhu dunia telah memanas sebesar 1,2 derajat Celsius sejak pertengahan tahun 1800-an.

Beberapa menit setelah al-Jaber menyelesaikan dokumen tersebut, pemimpin delegasi Samoa, Anne Rasmussen, atas nama negara-negara kepulauan kecil, mengeluh bahwa mereka bahkan tidak hadir ketika al-Jaber mengatakan kesepakatan telah selesai.

Kesepakatan itu juga mencakup seruan untuk melipatgandakan penggunaan energi terbarukan dan menggandakan efisiensi energi.

Pada awal perundingan, konferensi tersebut mengadopsi dana khusus untuk negara-negara miskin yang terkena dampak perubahan iklim dan negara-negara tersebut memberikan dana sebesar hampir AS $800 juta.

Kesepakatan tersebut menyatakan bahwa transisi akan dilakukan sedemikian rupa sehingga dunia mencapai nol emisi gas rumah kaca pada tahun 2050 dan polusi karbon mencapai puncaknya pada tahun 2025, namun memberikan ruang gerak bagi negara-negara seperti China untuk mencapai puncaknya belakangan. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel