-->

Tim RS Lapangan Yordania Siapkan Unit Perawatan Pasien di Khan Younis


AMMAN, LELEMUKU.COM - Sebuah rumah sakit lapangan (field hospital) yang dikirim oleh Yordania ke Jalur Gaza pada Selasa (21/11) didirikan di bagian selatan Kota Khan Younis. Ini merupakan fasilitas kedua yang dikirim sejak pecahnya perang Israel-Hamas terakhir.

Rumah sakit ini akan memiliki dua unit utama, yaitu departemen trauma dan unit khusus untuk bayi prematur yang mencakup 40 inkubator.

“Rumah sakit trauma ini akan memiliki unit gawat darurat, dua ruang operasi, empat tempat tidur perawatan intensif, dan 30 tempat tidur rumah sakit. Selain apotek, laboratorium, bank darah, dan tes darah," kata Direktur Jenderal Departemen Operasi Kementerian Kesehatan Gaza, Dr. Hani Hamada.

Ditambahkannya, 150 petugas kesehatan akan mengoperasikan fasilitas tersebut, yang akan menawarkan bedah saraf, bedah ortopedi, bedah umum, dan bedah anak.

Rumah sakit lapangan Yordania itu menyeberangi perbatasan lewat Mesir pada Senin (20/11).

Organisasi-organisasi bantuan mengatakan warga sipil tidak memiliki cukup makanan atau air bersih, dan rumah sakit-rumah sakit di Gaza melaporkan telah kehabisan persediaan medis dasar.

Israel telah mengepung Gaza dan menyatakan perang terhadap kelompok militan Hamas yang memerintah daerah kantong Palestina itu, setelah kelompok tersebut melakukan serangan mendadak ke bagian selatan Israel pada 7 Oktober. Sekitar 1.200 orang tewas dalam serangan itu, sebagian besar warga sipil. Hamas juga menyandera 240 orang.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, wilayah yang dikendalikan Hamas, mengatakan lebih dari 12.700 warga Palestina telah tewas dalam serangkaian serangan Israel. Dua per tiga diantaranya adalah perempuan dan anak-anak. Jumlah ini belum mencakup 4.000 orang yang dilaporkan masih hilang, diduga berada di balik puing-puing reruntuhan bangunan yang diserang Israel. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel