-->

Ratusan Pendukung Palestina Serbu Pangkalan Udara AS di Turki


ANKARA, LELEMUKU.COM - Polisi Turki menggunakan gas air mata dan meriam air ketika ratusan orang pendukung Palestina mencoba menyerbu pangkalan udara yang menampung pasukan AS. Penyerbuan terjadi beberapa jam sebelum Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dijadwalkan tiba di Ankara untuk pertemuan mengenai Gaza.

Turki mendukung solusi dua negara dalam perang Israel Hamas. Sejak perang dimulai, protes meletus di seluruh Turki.

Awal pekan ini, IHH Humanitarian Relief Foundation, sebuah lembaga bantuan Islam Turki, mengorganisir konvoi untuk melakukan perjalanan ke pangkalan udara Incirlik di provinsi Adana di Turki selatan. Konvoi itu untuk memprotes serangan Israel di Gaza dan dukungan AS terhadap Israel.

Incirlik, yang digunakan untuk mendukung koalisi internasional melawan ISIS di Suriah dan Irak, juga menampung pasukan AS. IHH mendesak agar pangkalan udara AS di Incirlik ditutup.

Rekaman dari protes menunjukkan polisi menembakkan gas air mata dan menggunakan meriam air untuk membubarkan massa yang mengibarkan bendera Turki dan Palestina. Mereka juga meneriakkan slogan-slogan. Para pengunjuk rasa menggulingkan barikade dan bentrok dengan polisi yang mengenakan perlengkapan antihuru-hara.

Para pengunjuk rasa juga terlihat melemparkan kursi plastik, batu, dan barang-barang lainnya ke arah polisi, yang kemudian menembakkan bom asap ke arah kerumunan. Bentrok terjadi antara massa dan aparat keamanan

Presiden IHH Bulent Yildirim berpidato di depan massa di Adana. Ia meminta pengunjuk rasa agar tidak menyerang polisi.

“Teman-teman, melempar batu atau melakukan hal serupa itu salah karena baik polisi maupun tentara ingin pergi ke Gaza dan berperang dan mereka akan pergi ketika saatnya tiba,” katanya.

“Kemarahan kami sangat besar. Kami tidak bisa menahannya. Namun Turki melakukan apa yang mereka bisa,” katanya. IHH mengakhiri unjuk rasa lebih awal dari yang direncanakan karena bentrokan dengan polisi.

Unjuk rasa ini terjadi beberapa jam sebelum Blinken diperkirakan tiba di Ankara untuk membahas mengenai Gaza dengan Menlu Turki Hakan Fidan pada Senin. Amerika Serikat berulang kali dikritik oleh Ankara terhadap Barat atas dukungannya terhadap Israel. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel