-->

Hongaria Ancam akan Blokir Bantuan UE untuk Ukraina


BUDAPEST, LELEMUKU.COM - Hongaria mengancam akan memblokir bantuan Eropa senilai puluhan miliar dolar untuk Ukraina dan memveto upayanya untuk menjadi anggota UE, di tengah meningkatnya perselisihan antara Brussels dan Budapest.

Hongaria telah lama menjadi “duri dalam daging” Uni Eropa.

Kini, selagi kampanye sedang berlangsung untuk pemilu Eropa bulan Juni mendatang – pemerintah Hongaria telah melancarkan serangan pribadi terhadap Presiden Komisi Eropa Ursula Von der Leyen, dengan memasang papan iklan yang menunjukkan dirinya bersama Alex Soros, putra pemodal liberal kelahiran Hongaria, George Soros, target favorit lainnya. Slogan tersebut berbunyi: “Jangan menari mengikuti irama mereka.”

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban meningkatkan serangannya terhadap UE dalam pidatonya di kongres partai Fidesz bulan ini, dengan mengatakan, “Saya yakin bahwa saat ini, di Brussel, Eropa sedang dirusak dan menuju kehancurannya.”

Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengunjungi Orban untuk melakukan pembicaraan pada hari Senin. Baik Michel maupun Orban tidak berbicara kepada media.

UE terus menahan sekitar 24 miliar dolar dana stimulus pasca-COVID blok tersebut untuk Hongaria, karena adanya kekhawatiran terhadap supremasi hukum di Hongaria – termasuk independensi peradilan dan kebebasan pers.

Dalam suratnya kepada Michel pekan lalu, Orban dilaporkan mengancam akan memblokir paket bantuan Uni Eropa senilai 50 miliar dolar untuk Ukraina.

Dia juga mengatakan akan memveto keanggotaan Ukraina di blok tersebut pada masa depan, kecuali para pemimpin Uni Eropa setuju untuk meninjau ulang seluruh strategi dukungan mereka terhadap Kyiv.

Hongaria mengatakan tidak mungkin perundingan tersebut dapat dilanjutkan jika negara sedang berperang – dan mendesak Kyiv untuk mengupayakan perundingan damai dengan Moskow. Ukraina menyatakan tidak akan membuka perundingan sampai pasukan Rusia meninggalkan wilayahnya. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel