-->

BMKG Adakan Pelatihan Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami


KAIMANA, LELEMUKU.COM - Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengadakan sekolah lapang gempabumi dan tsunami yang dilaksanakan di hotel grand Papua, Kaimana (09/11). Kegiatan tersebut mengangkat tema Mitigasi Inklusif untuk Mewujudkan Kaimana Tangguh Gempabumi dan Tsunami.

Hadir mewakili pemerintah daerah Kab. Kaimana asisten I Setda Kaimana, Luther Rumpombo memberikan sambutan. Ia mengapresiasi kegiatan ini yang dapat memberikan pemahaman terhadap masyarakat terkait peringatan dini dan potensi gempabumi dan tsunami.

“Pemda sangat mengapresiasi karena dengan adanya kegiatan ini sebagai edukasi kepada masyarakat untuk tanggap terhadap peringatan dini gempabumi dan tsunami”, tuturnya.
Selain itu, ia menambahkan bahwa secara geografis Kaimana juga rentan akan terjadinya gempabumi dan tsunami. Hal ini ia dan juga masyarakat merasakan dimana sepanjang tahun 2022 hingga 2023 ini puluhan gempa sudah terjadi dan bahkan berulang kali.

“Saya perlu juga sampaikan bahwa Kaimana ini juga sebenarnya rawan gempa. Bahkan ada 1 hari bisa 3 sampai 4 kali terjadi guncangan gempabumi. Karena kita berada pada jalur gempabumi baik gempa tektonik maupun gempa tsunami” tambahnya.

Diakhir sambutannya, ia mengajak agar pasca forum ini, kedepannya bisa memberikan bekal pengetahuan terkait potensi dan bahaya gempa dan tsunami kepada masyarakat luas. Menurutnya, jangan sampai seperti yang terjadi di daerah lain dimana masyarakat tidak sempat memitigasi diri sebelum terjadinya gempa atau tsunami.

“Harus kita yang sudah memahami ini kita teruskan kepada sasudara-sadari kita. Bahwa betapa pentingnya memahami peringatan dini, upaya mitigasi, potensi, dan dampak dari gempa dan tsunami itu”, tutupnya. (HumasKaimana)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel