-->

Rusia Batasi Pasokan Listrik ke China


MOSKOW, LELEMUKU.COM - Perusahaan induk energi Rusia, Inter RAO, telah mulai membatasi pasokan listrik ke Cina karena berselisih soal kenaikan harga. Cina menolak kenaikan harga.

Perselisihan ini bermula dari Cina yang menghadapi masalah listrik yang parah akibat kekeringan dan keterbatasan peningkatan produksi batu bara dalam negeri. Sementara itu sementara Rusia berusaha mengimbangi kemerosotan mata uang Rubel yang merugikan pendapatan ekspor.

Seorang pakar mengatakan bahwa Cina keras kepala atas permintaan Rusia. Cina berada dalam posisi tawar yang kuat. Sanksi Barat terhadap Rusia akibat perang Ukraina memaksa Moskow mencari pasar lain. Rusia menyebut negara-negara yang berkawan dengannya sebagai negara bersahabat dan memusuhinya sebagai tidak tidak bersahabat. Presiden Rusia Vladimir Putin telah memuji hubungan erat antara Moskow dan Beijing.

Inter RAO mengatakan bahwa bea ekspor baru mulai berlaku pada 1 Oktober 2023. Tarif ekspor baru itu akan akan menaikkan harga listrik sebesar 7 persen untuk pelanggan di Cina, Mongolia, Azerbaijan, dan wilayah Ossetia Selatan di Georgia yang memisahkan diri.

Moskow mengumumkan pada September bahwa bea ekspor ini akan dikaitkan dengan nilai tukar rubel pada barang-barang tertentu antara 4 persen dan 7 persen, jika nilai Rubel kurang dari 80 terhadap dolar AS.

Pada hari Selasa, mata uang Rusia diperdagangkan pada 99 terhadap greenback. Minyak dan gas termasuk di antara ekspor Rusia yang dikecualikan dari kenaikan harga yang mulai berlaku.

Pada Agustus, surat kabar bisnis Rusia Kommersant melaporkan bahwa perwakilan Inter RAO Alexandra Panina mengatakan kepada wartawan, jika harga ditolak maka pasokan listrik mungkin akan putus sepenuhnya. “Pembicaraan dengan Cina terus berlanjut,” kata perwakilan Inter RAO kepada Reuters. “Kami memulai pembatasan parsial mulai hari ini.” Mongolia menyetujui kenaikan harga Rusia.

“Perusahaan-perusahaan energi Cina dan negara terkenal keras kepala dan sangat sabar dalam negosiasi energi dengan Rusia,” kata Thomas O'Donnell, seorang analis geopolitik dan pakar energi yang berbasis di Berlin dan merupakan rekan global di wadah pemikir Wilson Center.

“Cina mendapat keuntungan besar karena menekan Rusia ketika mereka ingin mengekspor minyak dan gas,” katanya.  “Monopoli ekspor kekuasaan negara Rusia tidak bisa menghasilkan keuntungan, atau sangat sedikit dengan pajak ekspor sebesar 7 persen,” kata O'Donnell. “Jadi mereka harus menuntut tarif yang lebih tinggi dari pelanggan terbesar mereka, Tiongkok, dan beberapa pelanggan lainnya.”

Dia mengatakan bahwa penolakan Cina membayar tarif yang lebih tinggi untuk impor listrik Rusia memungkinkan negara itu akan secara agresif beralih ke impor gas LNG untuk pembangkit listrik.

“Tidak seperti musim dingin tahun lalu, ketika masih dalam masa lockdown akibat COVID, negara ini menjual kembali pengiriman LNG, sehingga sangat menguntungkan Eropa. Hal ini dapat mengubah keberuntungan Eropa pada musim dingin ini untuk mendapatkan cukup gas alam non-Rusia,” katanya. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel