-->

PM Selandia Baru Chris Hipkins Positif Covid Menjelang Pemilu


WELINGTON, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins dinyatakan positif COVID-19 saat kampanye pemilihan umum memasuki dua minggu terakhir. Hipkins, yang mengambil alih kepemimpinan Partai Buruh yang berkuasa dari Jacinda Ardern pada Januari, telah berjuang untuk terhubung dengan para pemilih dalam kampanyenya pemilihan kembali.

Melalui akun Facebooknya, pada Minggu, 1 Oktober 2023, dia mengumumkan tertular virus corona setelah mengalami gejala pilek dan flu pada Sabtu. Dia mengatakan dia akan melakukan kampanyenya secara online.

"Setelah malam yang berat, saya bangun pagi ini dengan perasaan tidak enak badan dan baru mendapatkan hasil tes ini,” ujarnya dalam postingan di laman resminya sambil membagikan foto rapid test antigen miliknya.

“Saya berhubungan dekat dengan warga Selandia Baru saat kampanye dan tidak ingin menyebarkannya kepada siapa pun, jadi saya akan mengikuti panduan dan mengisolasi diri selama beberapa hari atau sampai hasil tes saya negatif.”

Chris Hipkins mengatakan dia akan mencoba melanjutkan acara kampanyenya secara online sebanyak mungkin. “Ada banyak hal yang dipertaruhkan dalam pemilu ini, dan saya akan bekerja lebih keras lagi ketika saya bisa kembali ke sana untuk memastikan Partai Buruh terpilih kembali,” ujarnya.

Jajak pendapat menunjukkan dukungan Partai Buruh tertinggal karena Partai Nasional yang dipimpin mantan pengusaha Christopher Luxon memimpin. Luxon berhasil membentuk pemerintahan koalisi dengan partai-partai kecil.

Hipkins dinyatakan positif Corona ketika partainya meluncurkan beberapa kebijakan. Partai Buruh mengusulkan kursus mengejar ketertinggalan matematika dan literasi bagi anak-anak sekolah yang kehilangan jam belajar karena gangguan virus corona, perawatan gigi gratis bagi mereka yang berusia di bawah 30 tahun, lebih banyak polisi garis depan, dan cuti berbayar untuk pasangan yang baru menjadi orang tua.

Selandia Baru menghapus pembatasan terakhir terkait COVID-19 pada bulan Agustus, namun otoritas kesehatan tetap menyarankan masyarakat untuk tinggal di rumah selama lima hari jika merasa tidak sehat, atau dinyatakan positif.

Hipkins juga kemungkinan besar akan melewatkan debat berikutnya dengan Luxon yang dijadwalkan pada Selasa malam.

TPS Mulai Dibuka.

Tempat Pemungutan Suara Mulai Dibuka

Selandia Baru telah membuka periode pemungutan suara awal pada hari Senin, 2 Oktober 2023 sebelum hari pemilihan umum pada 14 Oktober mendatang. Warga mulai memberikan suara mereka untuk pemerintahan baru setelah 400 tempat pemungutan suara dibuka hari ini.

“Jumlah itu akan bertambah menjelang hari pemilu,” kata Kepala Pejabat Pemilihan, Karl Le Quesne, dalam sebuah pernyataan.

Pemungutan suara sebelum hari pemilu semakin populer, dan pada 2020, 68 persen suara diberikan lebih awal, kata Le Quesne. Tahun ini, periode pemungutan suara awal di Selandia Baru dimulai pada 2 Oktober dan akan berakhir pada 13 Oktober, sehari sebelum hari pemilu.
Pemungutan suara elektronik dan tatap muka di luar negeri di kedutaan dibuka pekan lalu untuk pemilih terdaftar. Selandia Baru tidak melakukan pemungutan suara melalui surat, namun dalam keadaan khusus beberapa orang dapat memberikan suaranya secara elektronik.

Partai oposisi Selandia Baru, Partai Nasional, saat ini unggul dalam jajak pendapat. Namun, kemungkinan besar mereka tidak akan menerima dukungan yang cukup untuk memerintah sendiri sehingga harus menjalin kemitraan dengan setidaknya satu partai kecil. (Tempo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel