-->

PBB Sebut Minyak dari Supertanker Tua di Yaman Mulai Dipindahkan Minggu Depan


SANA'A, LELEMUKU.COM - Persiapan untuk memindahkan satu juta barel minyak dari supertanker tua yang berkarat, ke kapal penyelamat di lepas pantai Yaman di Laut Merah telah dimulai, kata PBB.

Pemindahan itu harus diselesaikan pada awal Agustus, meredakan kecemasan terhadap potensi bencana tumpahan minyak.

“Kapal penggantinya, Nautica sedang bersiap untuk berlayar dari Djibouti,” kata David Gressly, koordinator kemanusiaan dan pemukiman PBB untuk Yaman, dalam pengarahannya kepada Dewan Keamanan.

Kapal Nautica mengalami beberapa modifikasi di China sebelum berlayar ke wilayah tersebut.

Gressly mengatakan, pemindahan minyak itu akan berlangsung sekitar dua minggu.

“Penyelesaian transfer minyak antar kapal pada awal Agustus akan menjadi momen yang melegakan seluruh dunia,” katanya. “Bencana kemanusiaan, lingkungan, dan ekonomi terburuk dari tumpahan minyak besar-besaran akan dapat dicegah.”

PBB memperingatkan selama beberapa tahun bahwa supertanker Safer berusia 47 tahun itu adalah bom waktu yang bisa bocor, tenggelam, atau meledak, mengakibatkan bencana besar terhadap lingkungan dan kemanusiaan.

Kerusakan lingkungan dan jatuhnya ekonomi akan mempengaruhi negara-negara di sekitar kawasan Laut Merah dan menelan biaya sekitar $20 miliar untuk membersihkannya, selain mengganggu pelayaran internasional melalui Selat Bab al-Mandab ke Terusan Suez. Kapal tanker itu tidak dirawat sejak 2015, ketika ditinggalkan karena perang saudara Yaman. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel