-->

Para Pemimpin NATO Setujui Rencana Pertahanan Baru


VILNIUS, LELEMUKU.COM - Para pemimpin NATO menyetujui rencana pertahanan baru pada KTT yang diselenggarakan di Vilnius, Lithuania, pada Selasa. Berdasar rancangan tersebut, aliansi militer itu akan menyiagakan 300.000 tentara yang siap untuk bertempur kapan saja.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan ini adalah rencana pertahanan yang paling komprehensif yang diambil oleh Pakta Pertahanan Atlantik Utara sejak akhir Perang Dingin.

Negara-negara sekutu yang tergabung di dalamnya juga sepakat membuat komitmen untuk berinvestasi setidaknya 2 persen dari produk domestik bruto (PDB) mereka setiap tahun untuk bidang pertahanan.

“Para pemimpin mendukung rencana aksi pencegahan pertahanan baru yang akan mempercepat pengadaan bersama, meningkatkan interoperabilitas, dan menghasilkan investasi dan kapasitas produksi,” kata Stoltenberg.

Negara-negara NATO juga setuju untuk meningkatkan secara signifikan persediaan munisi penentu pertempuran tertentu. Dalam komunike yang disahkan di Vilnius kemarin dikatakan, kemampuan militer NATO yang kuat sangat penting untuk pencegahan dan pertahanan blok itu di masa mendatang.

Dalam komunike itu juga dinyatakan, rencana pengembangan kemampuan NATO akan memastikan bahwa aliansi pimpinan Amerika Serikat tersebut dapat mempertahankan keunggulan teknologi militernya. KTT NATO berlangsung dari 11-12 Juli di Vilnius.

Agenda yang menjadi pembahasan dalam KTT antara lain mencakup prospek keanggotaan Ukraina di dalam blok itu, penguatan sayap timur aliansi, serta masalah belanja pertahanan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel