-->

NATO Perpanjang Masa Jabatan Jens Stoltenberg


BRUSSEL, LELEMUKU.COM - Pakta pertahanan militer Barat atau NATO pada Selasa, 4 Juli 2023, memutuskan memperpanjang kontrak Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg satu tahun lagi. Sebab ia dianggap berpengalaman di posisi itu di tengah potensi konflik.

Stoltenberg adalah mantan Perdana Menteri Norwegia. Ia menjadi pemimpin aliansi keamanan transatlantik sejak 2014. Masa jabatannya telah diperpanjang tiga kali sebelumnya.

Keputusan itu menunjukkan ada kesinambungan di kepemimpinan NATO. Sebanyak 31 anggota NATO saat ini sedang bergulat dengan tantangan mendukung Ukraina dalam memukul mundur invasi Moskow, sambil menghindari konflik langsung antara pasukan NATO dan Rusia.

Stoltenberg, 64 tahun, dianggap seluruh anggota sebagai pemimpin yang kukuh dan pembangun konsensus yang sabar. Dalam sebuah tweet, Stoltenberg mengatakan dia merasa terhormat dengan keputusan memperpanjang masa jabatannya hingga 1 Oktober 2024.

"Ikatan transatlantik antara Eropa dan Amerika Utara telah memastikan kebebasan dan keamanan kita selama hampir 75 tahun. Di dunia yang lebih berbahaya, Aliansi kita lebih penting dari sebelumnya," katanya.

Tugas berikut bagi Stoltenberg termasuk mengawasi transformasi pasukan NATO untuk kembali fokus pada pertahanan terhadap serangan Rusia. Setelah beberapa dekade, NATO berkonsentrasi pada misi di luar perbatasannya, seperti di Afghanistan dan Balkan.

Stoltenberg  juga harus mengelola perbedaan tentang seberapa terlibat NATO di Asia. Amerika Serikat mendorong peran yang lebih besar dalam melawan Cina. Sedangkan yang lain seperti Prancis bersikeras kalau NATO harus mempertahankan fokus di wilayah Atlantik Utara.

Para diplomat dan analis memberikan nilai tinggi kepada Stoltenberg karena menjaga NATO tetap bersatu soal Ukraina. Dia dianggap mencapai keseimbangan antara mereka yang menuntut dukungan maksimum untuk Kyiv, sedangkan yang lain mendesak lebih banyak kehati-hatian karena takut memicu konflik global.

“Negara-negara anggota NATO telah memutuskan dengan cukup logis bahwa sekretaris jenderal terbaik yang saat ini ada di pasar adalah yang sudah mereka miliki. Pengalaman penting terutama di salah satu masa pengujian paling dalam sejarah NATO,” kata Jamie Shea, mantan pejabat senior NATO, yang sekarang bekerja di think-tank Chatham House.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel