-->

Joe Biden Siap Melawat ke Inggris, Lithuania dan Finlandia


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Joe Biden pekan ini akan melakukan lawatan selama lima hari ke tiga negara Eropa.

Gedung Putih mengatakan persinggahan utama adalah di KTT NATO di Vilnius, Lithuania, di mana para pemimpin Barat berencana membahas upaya terakhir untuk mendorong perlawanan Ukraina terhadap Rusia.

Biden pertama-tama akan bertolak ke London pada hari Minggu (9/7), di mana dalam lawatan selama dua hari ke negara itu ia berencana bertemu dengan Raja Charles dan Perdana Menteri Rishi Sunak “untuk memperkuat hubungan dekat antar kedua negara.”

Gedung Putin mengatakan Biden kemudian akan bertolak ke Lithuania untuk menghadiri KTT NATO selama dua hari, di mana para pemimpin 31 negara aliansi militer Barat akan membahas kondisi kontra-ofensif Ukraina untuk merebut kembali wilayahnya di bagian tenggara, yang telah diduduki Rusia dalam invasi selama 16 bulan ini.

Negara-negara NATO – yang dipimpin Amerika – telah mengirim persenjataan bernilai miliaran dolar ke Ukraina, tetapi pengeboman udara Rusia telah menewaskan banyak warga Ukraina, meskipun sejumlah rudal itu dapat ditembak jatuh. Rudal-rudal yang mencapai sasaran tidak saja membunuh banyak orang, tetapi juga menghancurkan suatu kawasan.

Setelah KTT NATO itu, Biden akan terbang ke Helsinki untuk menyambut dan merayakan keberhasilan Finlandia menjadi anggota NATO bulan April lalu. Biden menggambarkan bertambahnya kekuatan aliansi NATO itu sebagai isyarat memudarnya pengaruh Rusia.

Swedia juga sedang berupaya menjadi anggota NATO, meskipun Turki dan Hongaria tidak menyetujui langkah itu. (vOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel