-->

Dubes Georgia Giorgi Zakarashvili Tinggalkan Ukraina


KYIV, LELEMUKU.COM - Duta Besar Georgia untuk Ukraina Giorgi Zakarashvili mengaku diperintahkan pulang oleh Presiden Volodymyr Zelensky. Ada perselisihan soal mantan pemimpin Georgia yang tengah dipenjara.

Zakarashvili kepada televisi Rustavi-2 Georgia dalam laporan yang diterbitkan di media Ukraina dan Rusia pada Rabu, 5 Juli 2023, mengatakan akan mematuhi perintah tersebut. Meskipun dia menganggap, pendirian Kyiv salah arah.

Duta besar diberi waktu 48 jam untuk berkemas. “Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk meninggalkan Ukraina besok pukul 12,” katanya, merujuk pada Kamis 6 Juli 2023.

Kementerian luar negeri Ukraina terlebih dahulu memanggil Zakarashvili sehubungan dengan keluhan Kyiv soal mantan Presiden Georgia Mikheil Saakashvili ditolak izin untuk meninggalkan negara itu untuk perawatan medis.

Diplomat itu mengatakan kepada Rustavi-2 bahwa permintaannya untuk pergi selama 48 jam konsultasi akan merusak hubungan kedua negara. Ia menegaskan Georgia mendukung Ukraina dalam konfliknya dengan Rusia.

Menteri Luar Negeri Georgia Ilia Darchiashvili mengkritik keputusan Kyiv itu tidak dapat dipahami dan tidak berdasar. Menurutnya  utusan itu akan segera kembali ke jabatannya di Kyiv.

Keluhan tersebut, menurutnya, tidak berdasar karena Georgia menganggap serius perlakuannya terhadap semua narapidana, termasuk Saakashvili.

Saakashvili, presiden Georgia bekas Soviet dari 2004 hingga 2013, menjalani hukuman enam tahun karena penyalahgunaan kekuasaan. Ia dan pendukungnya menyebut tudingan itu bermotivasi politik.

Dalam rekaman video selama sidang pengadilan minggu ini, Saakashvili yang kurus mengangkat bajunya untuk menunjukkan tulang rusuk yang menonjol.

Saakashvili telah meminta dipindahkan ke luar negeri untuk perawatan. Dia telah melakukan beberapa kali mogok makan saat di penjara dan menuduh dia telah diracuni. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel