-->

Polisi Swedia Izinkan Lagi Demo Bakar Al-Quran


STOCKHOLM, LELEMUKU.CM - Polisi Swedia memberikan lampu hijau untuk demonstrasi kecil yang berlangsung di luar masjid Stockholm pada Rabu ini, 28 Juni 2023, meskipun pengunjuk rasa akan merobek Al-Quran dan membakarnya.

Dalam izinnya untuk demonstrasi Rabu, polisi seperti dikutip Reuters menulis, meskipun "mungkin memiliki konsekuensi kebijakan luar negeri", risiko keamanan dan konsekuensi yang terkait dengan pembakaran Al-Quran tidak sedemikian rupa, sehingga permohonan tersebut tidak harus ditolak.

Menurut polisi Stockholm, hanya dua orang yang diharapkan ikut serta dalam demonstrasi, termasuk penyelenggara, Salwan Momika. Dalam sebuah wawancara surat kabar baru-baru ini, sosok demonstran itu menggambarkan dirinya sebagai pengungsi Irak yang berusaha melarang Al-Quran.

Serangkaian protes di Swedia menentang Islam dan hak-hak kaum Kurdi telah meningkatkan ketegangan dengan Turki. Dukungan Turki kepada Swedia untuk masuk ke Pakta Pertahanan Atlantik Utara diperlukan Stockholm.

Polisi Swedia telah menolak beberapa permohonan baru-baru ini untuk demonstrasi anti-Quran. Namun pengadilan telah menolak keputusan tersebut, dengan alasan bahwa mereka melanggar kebebasan berbicara yang dilindungi.

Turki pada akhir Januari menangguhkan pembicaraan dengan Swedia mengenai permohonan NATO setelah Rasmus Paludan, pemimpin partai politik sayap kanan Denmark Garis Keras, membakar salinan Al-Quran di dekat kedutaan Turki di Stockholm.

Paludan diperkirakan tidak akan ambil bagian dalam demonstrasi Rabu.

Beberapa negara Arab termasuk Saudi, Yordania dan Kuwait juga mengecam pembakaran Al-Quran di Januari. Negara muslim lain termasuk Indonesia dan Malaysia juga memberi perhatian.

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson pada Rabu mengatakan bahwa negaranya masih ingin bergabung dengan NATO sebelum atau pada pertemuan puncaknya di Vilnius bulan depan. Meskipun, ia tidak yakin akan dapat melakukannya pada saat itu. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel