-->

PM Selandia Baru Chris Hipkins Bantah Joe Biden yang Sebut Xi Jinping Diktator


WELLINGTON, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins mengatakan dia tidak percaya pemimpin China Xi Jinping adalah seorang diktator. Hal ini diungkapkan Hipkins sehari setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberi pemimpin China label itu.

Menjelang perjalanannya ke China dengan delegasi perdagangan pada Kamis 22 Juni 2023, di mana dia akan bertemu Xi, Hipkins ditanyai oleh seorang reporter di Lower Hutt apakah dia setuju dengan komentar diktator Biden.

"Tidak, dan bentuk pemerintahan yang dimiliki China adalah urusan rakyat China," kata Hipkins.

Ketika didesak bagaimana orang Tionghoa benar-benar dapat memaksakan perubahan dalam cara mereka diatur, Hipkins berkata, "baik itu masalah bagi mereka".

Berbicara pada penggalangan dana untuk pemilihannya kembali untuk 2024, Biden menyebut Xi sebagai dictator, sambil menyatakan Presiden China itu "malu" oleh balon mata-mata yang diperintahkan Biden untuk ditembak jatuh di wilayah udara AS.

"Itulah hal yang sangat memalukan bagi para diktator, ketika mereka tidak tahu apa yang terjadi. Itu tidak seharusnya terjadi. Itu diterbangkan melalui Alaska dan kemudian turun melalui Amerika Serikat. Dan dia tidak melakukannya." Saya tidak tahu tentang itu," kata Biden.

"Ketika ditembak jatuh, dia sangat malu. Dia menyangkal itu ada."

Partai Komunis China yang berkuasa telah lama mendapat kecaman karena catatan hak asasi manusia dan aturannya yang membatasi. Xi berkuasa sejak 2013. Batasan masa jabatan kepresidenan dihapus pada Kongres Rakyat Nasional 2018.

Xi dengan suara bulat terpilih kembali ke tampuk kekuasaan pada Maret 2023, menerima 2.952 suara dari anggota PKT.

Hipkins memimpin delegasi perdagangan ke Beijing, Tianjin, dan Shanghai yang akan berlangsung dari 25 hingga 30 Juni. Ini adalah kunjungan perdana menteri Selandia Baru pertama ke China sejak pandemi.

Ketika mengumumkan perjalanan tersebut awal bulan ini tetapi sebelum kunjungan dengan Xi dikonfirmasi, dia ditanya bagaimana dia akan menavigasi untuk mengangkat pelanggaran atau keluhan hak asasi manusia.

Hipkins mengatakan Selandia Baru membanggakan diri karena "stabil dan konsisten" dalam pendekatannya.

“Itu berarti bahwa di mana kami memiliki masalah hak asasi manusia, kami akan mengangkatnya. Di mana kami memiliki masalah seputar perdagangan atau masalah kebijakan luar negeri lainnya, kami akan mengangkatnya.
 
"Hubungan kami dengan China selalu didasarkan pada penetapan, jelas, posisi kami, dan konsisten dengan posisi kami, dan kami akan terus melakukannya." (Tempo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel