-->

Menlu Slovenia, Tanja Fajon Terpilih Sebagai Anggota Dewan Keamanan PBB


LJUBIJANA, LELEMUKU.COM - Slovenia, Aljazair, Guyana, Republik Korea dan Sierra Leone telah terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB setelah pemungutan suara di Majelis Umum. Kelima negara akan menjabat untuk masa jabatan dua tahun mulai Januari mendatang.

Menteri Luar Negeri Slovenia Tanja Fajon mengatakan bahwa negaranya “bangga tetapi rendah hati.” Ia menambahkan bahwa Slovenia tahu cara bekerja sama dengan negara lain.

Slovenia mengalahkan Belarus dalam pemilihan untuk wilayah Eropa Timur. Negara itu menerima 153 suara, sedangkan Aljazair, Guyana, Sierra Leone, dan Republik Korea lolos tanpa tentangan.

DK PBB terdiri dari 15 negara. Lima di antaranya - China, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat - adalah anggota tetap. Mereka mempunyai hak untuk memveto resolusi atau keputusan apapun.

Pemungutan suara dilakukan dengan surat suara rahasia. Negara kandidat harus mendapat mayoritas dua pertiga, atau 128 suara, meskipun pencalonan mereka tanpa ada tentangan. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel