-->

Maruf Amin Salat Jumat di Masjid A’zam Jome, Samarkand


SAMARKAND, LELEMUKU.COM - Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin melaksanakan ibadah Salat Jumat di Masjid A’zam Jome, Samarkand, Uzbekistan, Jumat (16/06/2023).

Saat tiba di masjid, tepat pukul 12.30 waktu setempat, Wapres langsung menunaikan salat sunah Tahiyyatul Masjid, kemudian menyimak ceramah dari imam sekaligus khatib, Yaqub yang disampaikan dalam bahasa Uzbekistan.

Tardisi di Uzbekistan, sebelum pelaksanaan rangkaian Shalat Jumat, diawali dengan ceramah yang dilakukan sebelum azan pertama berkumandang.

Usai azan pertama dan salat sunah sejumlah empat rakaat dilakukan, kemudian rangkaian rukun Salat Jumat dilakukan setelah khotib naik mimbar, kemudian azan kedua dikumandangkan dan dilanjut dengan penyampaian khutbah. Setelah itu, baru dilaksanakan Salat Jumat berjemaah.

Tampak Wapres berada pada saf paling depan, berbaur dengan jemaah yang lain.

Setelah ibadah salat dilaksanakan, imam dan pengurus masjid meminta Wapres memimpin doa. Kehadiran Wapres dianggap seorang musafir sekaligus tokoh kiai yang terhormat.

Imam serta para pengurus masjid kemudian duduk mengelilingi Wapres. Mereka tampak berdoa bersama dipimpin oleh Wapres.

Saat mendengar Wapres berdoa, imam dan jemaah tampak khusyuk ikut berdoa.

Sebagai informasi, Masjid A’zam Jome terletak di pinggir jalan raya di Kota Samarkand. Suasana persaudaraan tampak cukup kental, misalnya ketika para pengurus memberikan tisu kepada jemaah yang hendak berwudu, agar dapat mengelap sisa air wudu di kaki.

Selain itu, saat ceramah berlangsung terlihat beberapa jemaah membantu para jemaah lain yang baru datang untuk dapat mengisi saf yang masih kosong. (Setwapres)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel