-->

Perahu yang Membawa 500 Migran Hilang di Laut Mediterania


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Sebuah perahu yang membawa sekitar 500 migran dari sejumlah wilayah pantai Libya hilang di tengah Laut Mediterania. Alarm Phone yakni sebuah LSM, pada Jumat, 26 Mei 2023, mengkonfirmasi menerima panggilan darurat dari perahu tersebut.

Alarm Phone mengungkap perahu naas pembawa ratusan migran itu hilang pada Rabu pagi 24 Mei 2023. Dalam perahu itu, setidaknya ada satu penumpang bayi dan ibu hamil.

Sejumlah LSM lainnya juga mengkonfirmasi hilangnya perahu tersebut. Alarm Phone menjelaskan perahu tersebut tanpa mesin dan terapung-apung di tengah laut lepas sekitar 200 mil dari pelabuhan Benghazi, Libya dan lebih dari 250 mil jauhnya dari Malta dan Pulau Sicily Italia.    

LSM asal Italia Life Support and Ocean Viking mengungkap telah berusaha mencari perahu yang hilang tersebut selama 24 jam, namun tidak menemukan tanda – tanda ataupun bangkai kapal. Flavio Di Giacomo, Juru bicara International Organisation for Migration (IOM), mengunggah di Twitter pada Jumat sore, 26 Mei 2023, kalau sekitar 500 migran telah dinyatakan hilang saat hendak putar balik ke Libya.

“Harus ditegaskan kembali kalau Libya telah menjadi sebuah pelabuhan yang tidak aman, di mana para migran seharusnya tidak di bawa ke sana,” tulis Di Giacomo.

PBB memperkirakan 300 migran telah meninggal di Mediterania tengah sepanjang tahun ini. Jaksa di Italia sedang melakukan penyelidikan apakah otoritas Italia seharusnya berbuat lebih banyak untuk mencegah bencana tersebut. Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni menolak anggapan tidak berbuat banyak dan sepenuhnya menyalahkan para penyelundup manusia.

Kabinet Meloni ingin menerapkan hukuman penjara lebih keras kepada penyelundup manusia dan berjanji membuka saluran bagi migran legal. Tahun lalu, otoritas Italia menindak sejumlah kapal penyelamat dari gerakan amal dengan menuduh mereka bertindak sebagai layanan transportasi bagi para migran.

Kebijakan tersebut berhasil menurunkan secara tajam jumlah kapal penyelamat yang berpatroli di lepas pantai Afrika Utara, dimana sebagian besar migran mengawali perjalanan mereka. Meski demikian, jumlah keberangkatan tetap meningkat secara dramatis.

Sekitar 17.000 migran berhasil mencapai Italia dengan kapal tahun ini. Jumlahnya meningkat tajam dibandingkan 6.000 orang para periode yang sama tahun lalu. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel