-->

Ebrahim Raisi Serukan Persatuan Anti-Israel dalam Kunjungan ke Suriah


DAMASKUS, LELEMUKU.COM - Presiden Iran Ebrahim Raisi pada Kamis (4/5) menyerukan “pasukan perlawanan” untuk bersatu melawan Israel. Seruan ini dikeluarkan pada hari keduanya di Suriah – kunjungan pertama ke negara sekutu dekat Teheran dalam lebih dari satu dekade perang.

Teheran telah lama memberikan dukungan logistik dan militer kepada banyak faksi yang memerangi musuh bebuyutannya Israel, termasuk beberapa kelompok Palestina dan juga Hizbullah yang kuat di Libanon – sekutu utama Damaskus.

Israel telah melakukan ratusan serangan udara terhadap pasukan yang didukung Iran di Suriah sejak konflik meletus pada 2011. Meskipun jarang mengomentari serangan itu, Israel telah berulang kali memperingatkan tidak akan membiarkan Iran memperluas jejaknya di negara tetangganya yang dilanda perang itu.

Dalam pertemuannya di Damaskus dengan apa yang disebut kantor berita Iran IRNA sebagai “komandan perlawanan Palestina,” Raisi menyerukan fron persatuan melawan Israel.

“Persatuan dan kohesi kekuatan perlawanan, kawasan dan dunia Islam diperlukan untuk mempercepat kekalahan rezim Zionis,” kata Raisi mengacu pada Israel.

Raisi, yang melawat bersama delegasi menteri tingkat tinggi, juga menandatangani nota kesepahaman tentang “kerja sama strategis jangka panjang,” yang mencakup bidang-bidang termasuk minyak, penerbangan, perkeretaapian, dan pertanian. Dia mengatakan pada hari Rabu bahwa Iran akan “berdiri bersama saudara-saudaranya di Suriah dalam bidang pembangunan dan kemajuan.”

Presiden Iran terakhir yang mengunjungi Damaskus adalah Mahmoud Ahmadinejad pada September 2010. Assad telah secara resmi mengunjungi Teheran dua kali sejak perang meletus di negara itu, yang terakhir pada Mei 2022. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel