-->

Airlangga Hartarto Sebut Pertumbuhan Ekonomi Positif Seluruh Wilayah di Indpnesia



JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut secara spasial seluruh wilayah di Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi secara positif. Meski masih di bawah nasional, pertumbuhan ekonomi di Jawa masih di angka 4,96 persen. Sementara Kalimantan tumbuh 5,79 dan Sulawesi 7 persen.

"Sumatera 4,79 persen, Bali dan Nusa Tenggara tumbuh 4,74 persen, lalu Maluku dan Papua 1,74 persen," kata Airlangga dalam konferensi pers Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I tahun 2023 di Kantor Kemenko Perekonomian, Jumat, 5 Mei 2023.

Airlangga mengatakan pertumbuhan ekonomi semakin baik seiring perbaikan yang terlihat dari sejumlah indikator. Salah satunya, inflasi yang berhasil turun menjadi 4,33 persen bulan ini. Sebelumnya, pada Maret, inflasi masih berada di angka 4,97 persen.
 728-90-copy-7-Majalah

"Gerakan nasional pengendalian inflasi yang terus dijalankan bersama Bank Indonesia memberikan hasil positif. Terutama dalam bulan Ramadhan dan Idulfitri," ujar Airlangga.

Menurut Airlangga, prospek ekonomi secara nasional ke depan masih tetap kuat. Beberapa yang menjadi indikator adalah indeks keyakinan konsumen yang masih di atas 100, yaitu di level 123,3.

PMI manufaktur, lanjut dia, juga konsisten di atas 50 dengan kenaikan menjadi 52,7 persen. "Dari sektor eksternal, surplus transaksi berjalan dan cadangan devisa terus naik ke US$ 145,2 miliar," ujar Airlangga.

Dengan catatan capaian tersebut sekaligus sinergi dengan para stakeholder, Airlangga berharap target pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di akhir tahun bisa mencapai 5,3 persen. "Kami optimistis pertumbuhan bisa terus dijaga di 2023 dan menjadi momentum di 2024," tuturnya.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti diketahui, ekonomi Indonesia  5,03 persen pada triwulan I tahun 2023. Artinya, dibanding tahun lalu, terjadi peningkatan 0,01 persen.

"Perlu dicatat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia selama 6 kuartal berutut-turut berada di atas 5 persen. Ini menunjukkan ekonomi kita solid," kata Airlangga.

Menurut Airlangga, pertumbuhan ekonomi 5,03 persen membuat Indonesia menjadi salah satu negara G20 dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi. Di tengah pertumbuhan ekonomi dunia yang lambat dan belum pulih pasca pandemi, Airlangga menilai ekonomi Indonesia sudah pulih.  (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel