-->

China Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen pada 2023


BEIJING, LELEMUKU.COM - Pemerintah China menargetkan pertumbuhan ekonomi 5 persen hingga akhir tahun 2023.

Seperti dilansir Reuters, target pertumbuhan ekonomi tersebut berdasarkan laporan pemerintah China yang dirilis dalam pembukaan pertemuan tahunan parlemen pada Minggu 5 Maret 2023.

Dalam laporan tersebut, Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan penting untuk memprioritaskan stabilitas ekonomi serta menetapkan tujuan untuk menciptakan sekitar 12 juta pekerjaan perkotaan tahun ini. Target ini naik dari tahun lalu yakni setidaknya 11 juta pekerjaan.

Sesi parlemen tahun ini akan menerapkan perombakan pemerintah terbesar dalam satu dekade, saat Beijing menghadapi sejumlah tantangan dan berupaya menghidupkan kembali ekonominya yang terpukul COVID-19.

Ekonomi China hanya mampu tumbuh 3 persen pada tahun lalu. Angka tersebut jauh dari target pemerintah pada 2022 sekitar 5,5 persen.

Kinerja ekonomi China pada 2022 menjadi salah satu tingkat pertumbuhan paling lambat di negara itu dalam hampir setengah abad. Bahkan, pertumbuhan pada kuartal IV/2022 hanya mencapai 2,9 persen, yakni lebih rendah daripada kuartal IV/2021 yang menyentuh 3,9 persen (year-on-year/yoy).

Kondisi ekonomi China pada 2022 berbanding terbalik dengan pertumbuhan pada 2021 yang mencapai 8,4 persen.

Pertumbuhan ekonomi China pada 2022 sesuai dengan prediksi Dana Moneter Internasional (IMF), karena sejak awal hingga akhir 2022 otoritas negara itu banyak melakukan serangkaian penguncian wilayah (lockdown) sebagai bagian dari kebijakan Zero-Covid.

Pada tahun ini, pemerintah China mulai merasa optimistis setelah pembukaan perekonomian dan pelonggaran protokol kesehatan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel