-->

Amelie Oudea-Castera Puji Qatar terkait Perhelatan Piala Dunia 2022


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Olahraga Prancis Amelie Oudea-Castera memuji Qatar karena telah mengkoordinir dan mengatur perhelatan Piala Dunia 2022 dengan sangat mengesankan. Pujian disampaikan Oudea-Castera setelah tim nasional sepak bola Prancis maju ke babak semi-final usai mengalahkan Inggris dengan skor 2-1.

“Kami tidak akan melupakan kata – kata Yang Mulia Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani ketika mengatakan ‘halo semuanya’. Kita harus mengangkat topi pada Qatar karena telah mengkoordinir acara dunia ini,” kata Oudea-Castera, setelah Prancis resmi masuk babak qualifikasi semi-final, Minggu, 11 Desember 2022.

Suasana pembukaan Piala Dunia di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar 20 November 2022. REUTERS/Pawel Kopczynski

Sikap berbeda diperlihatkan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang berkeras kalau olahraga tidak boleh dipolitisasi. Macron meyakinkan akan terbang ke Qatar untuk menyaksikan pertandingan sepak bola semi-final Piala Dunia 2022 antara Prancis melawan Maroko pada 15 Desember 2022.    

Sebelumya pada 2018, Macron terbang ke Rusia untuk menyaksikan tim nasional negaranya bertanding di babak semi-final melawan Belgia. Macron juga tampak hadir saat pertandingan sepak bola melawan Kroasia.  

Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 FIFA terhitung mulai 20 November 2022 sampai 18 Desember 2022. Piala Dunia 2022 Qatar disebut menjadi turnamen sepak bola termahal sepanjang sejarah. Demi menjamin suksesnya turnamen sepak bola empat tahunan itu, pihak otoritas Qatar telah membangun sejumlah fasilitas. Mulai dari stadion, transportasi, bandara, dan fasilitas akomodasi lainnya yang tentunya menghabiskan biaya fantastis.

Melansir Reuters, Qatar dilaporkan telah menghabiskan setidaknya $229 miliar untuk membangun infrastruktur dalam 11 tahun terakhir sejak memenangkan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dengan kata lain, negara ini menggelontorkan $500 juta atau senilai setara Rp 7,8 triliun setiap minggu untuk konstruksi, infrastruktur, rumah sakit, hotel, bandara, dan beberapa stadion baru.

Berbeda dengan Piala Dunia 2018 Rusia yang diadakan di 12 stadion, Piala Dunia 2022 Qatar dilangsungkan di delapan stadion secara total. Dari semua delapan stadion itu, tujuh di antaranya dibangun dari nol dengan fasilitas kelas dunia. Sisanya, dilakukan renovasi secara total. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel