-->

Herve Renard Berhasil Bawa Timnas Arab Saudi di Piala Dunia 2022


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Pelatih sepak bola profesional asal Prancis Herve Renard berhasil membawa Timnas Arab Saudi lolos ke final Piala Dunia 2022 di Qatar. Arab Saudi tergabung di Grup C bersama Argentina, Meksiko, dan Polandia. Penampilan Arab Saudi kali ini adalah kali keenam mereka di Piala Dunia sejak 1944.
Herve Renard Pelatih Timnas Arab Saudi

Hervé Jean-Marie Roger Renard atau lebih dikenal dengan Herve Renard lahir di Aix-les-Bains, Prancis pada 30 September 1968. Dia kini adalah manajer tim nasional Arab Saudi. Sebelum menjadi pelatih, dalam kurun 1983 hingga 1998 Renard pernah membela tim Prancis AS Cannes, Stade de Vallauris dan SC Draguignan sebagai bek. Dia memulai karier jadi pelatih sepak bola dengan SC Draguignan pada 1999 namun hengkang 2001.

Lalu pada 2002 hingga 2003, Herve Renard menjadi asisten di klub Cina Shanghai Cosco dengan pelatih kepala Claude Le Roy. Pada 2004, dia mengelola klub Inggris Cambridge United, dan untuk pertama kali bergabung dengan klubnya Le Roy sebagai pelatih. Setelah itu, di tahun yang sama, Renard menjadi manajer klub Vietnam Song Da. Kemudian pada 2005 hingga 2007, dia jadi pelatih AS Cherbourg. Selanjutnya dia menjadi Asisten Claude Le Roy untuk tim nasional Ghana.

Pada Mei 2008, Renard diangkat menjadi manajer tim nasional Zambia. Pada Piala Dunia 2010, dia berhasil membawa Zambia maju ke babak perempat final untuk kali pertama dalam 14 tahun. Namun dia memutuskan meninggalkan Zambia dan menjadi pelatih Timnas Angola di tahun yang sama. Tak lama di Angola, Renard memilih mundur pada Oktober 2010. Awal 2011, dia kemudian direkrut sebagai pelatih oleh klub Aljazair, USM Alger.

Baca: Piala Dunia 2022 Sebentar Lagi, Berikut Daftar Negara yang Pernah Jadi Juara

Tak sampai setahun di Aljazair, Renard kembali lagi ke Zambia. Dia dikontrak melatih Timnas Zambia selama satu tahun. Renard punya peruntungan baik di sana. Setelah sebelumnya berhasil membawa Zambia ke perempat final Piala Dunia 2010, pada 2012 dia berhasil Chipolopolos, julukan Timnas Zambia, mengangkat trofi Piala Afrika 2012. Kemenangan itu punya arti penting dan didedikasikan untuk 18 pemain Timnas Zambia yang tewas pada April 1993, setelah sebuah pesawat yang membawa skuad jatuh hanya beberapa mil dari lokasi final 2012 di Gabon.

Menteri olahraga Zambia, Chishimba Kambwili amat kesemsem dengan Renard. Hingga pada Mei 2012 dia mengumumkan permintaannya kepada pelatih asal Prancis itu untuk menandatangani kontrak baru. Renard setuju dan melatih Zambia untuk Piala Afrika 2013. Namun dia tak seberuntung sebelumnya. Zambia tersingkir di babak grup. Renard mengatakan bahwa itu adalah kesalahannya. Renard kemudian dibebaskan dari kontraknya oleh Asosiasi Sepak Bola Zambia pada Oktober 2013.

Setelah hengkang dari Zambia, Renard kembali ke Tanah Kelahiran. Dia ditunjuk sebagai manajer baru klub Ligue 1 Prancis Sochaux pada 2013. Pada April 2014, dia pindah ke tim nasional Maroko. Kemudian pada Juli 2014, Renard diumumkan melatih Pantai Gading. Dia berhasil membawa Pantai Gading membopong trofi Piala Afrika 2015 dan jadi satu-satunya pelatih yang melakukan itu untuk dua klub yang berbeda. Setelah bekerja untuk Pantai Gading dalam kurun singkat, dua kemudian kembali ke Prancis untuk memanajeri klub Prancis. Namun dia dipecat pada 11 November 2015.

Pada 2016, Renard melatih timnas Maroko. Kemudian pada Oktober tahun tersebut dia melatih Timnas Aljazair. Namun kembali jadi pelatih Maroko pada 2017 dan berhasil membawa Timnas negara itu lolos Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia, setelah absen sejak 1998. Renard dikontrak hingga 2022. Namun pada Juli 2019, Maroko tersingkir dari Piala Afrika 2019. Akibatnya, dia mengundurkan diri karena kekalahan itu beberapa hari setelahnya.

Setelah berkecimpung lama di dunia sepak bola Afrika, usai hengkang dari Maroko, pada Juli 2018 Renard didapuk sebagai pelatih Timnas Arab Saudi. Dia adalah orang Prancis pertama yang jadi pelatih tim Elang Hijau ini. Pertandingan melawan Yaman di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 adalah kali pertamanya menangani Timnas Arab Saudi dan berhasil membawa Arab Saudi maju ke final Piala Dunia 2022 di Qatar. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel