-->

Barnabas Orno Apresiasi IKEMAL Tanah Papua

Barnabas Orno Apresiasi IKEMAL Tanah Papua

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Drs. Barnabas Nathaniel Orno mengapresasi Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Tanah Papua yang turut mendukung pelaksanaan dua iven berskala nasional di Papua, yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021 dan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI pada 24 hingga 30 Oktober 2022.

Kedua momentum tersebut, PON XX diikuti oleh 44 atlet, 19 pelatih dan 5 teknisi asal Maluku dengan 4 lokasi penyelenggara, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika serta  KMAN VI diikuti oleh komunitas masyarakat adat asal Maluku sebanyak 56 orang dengan lokasi penyelenggara di Kabupaten Jayapura. 

“Terima kasih IKEMAL yang menjadi wadah positif untuk orang Maluku yang ada di Papua,” ujar dia kepada Lelemuku.com pada Sabtu, 12 November 2022.

Orno berpesan kepada seluruh anggota IKEMAL Tanah Papua asal dari Pulau Morotai di Utara Maluku sampai Maluku Barat Daya (MBD) di Selatan Maluku untuk hidup berdampingan saling mengasihi satu sama lain dengan terus membuat Maluku bangga.

Selain itu, Ia pun meminta  masyarakat Maluku yang tinggal dan berkarya di Papua agar turut pula berkontribusi terhadap Maluku baik melalui pikiran dan  tenaga. 


“Untuk tidak melupakan kampung halaman Maluku, apa yang sudah dilakukan di Papua ini bisa juga dibuat di Maluku,” pinta Orno.


Barnabas Orno Apresiasi IKEMAL Tanah Papua

Sementara itu, Ketua IKEMAL Tanah Papua, Christian Sohilait, ST., M,Si  mengungkapkan pihaknya diberikan kepercayaan penuh untuk mengakomodir dalam penyambutan sebagai bentuk dukungan moral bahkan memberikan support di PON XX dan KMAN VI.

“Kami diberikan mandat untuk menolong para atlet dan peserta kongres asal Maluku selama mereka di Merauke, Timika, dan Sentani,” ungkap dia.

Ia bersama seluruh pengurus baik IKEMAL Kota dan Kabupaten Jayapura berterima kasih atas kesediaan Wagub Barnabas Orno untuk menyediakan waktu luang secara khusus bertemu IKEMAL Papua.

Dalam diskusi, Sohilait memberikan beberapa rekomendasi dan saran terkait pembentukan Desa Adat yang bisa dilakukan di daerah berjuluk ’Negeri Raja-Raja’ yang terdiri dari 632 pulau besar dan kecil itu.

Selanjutnya, ia menyerahkan cenderamata kepada Wagub Barnabas Orno berupa buku berjudul ‘Beta Papua’, yaitu biografi kisah hidup dan pengabdian dirinya, dimana hasil dari perjuangan hidup keras, panjang dan berliku saat awal bertugas di Kabupaten Lanny Jaya di Pegunungan Tengah Papua hingga menjadi pejabat di Provinsi Papua.

“Saya datang bersama seluruh pengurus berdiskusi. Beliau sampaikan apresiasi dan berpesan apa yang kami buat disini, kami juga harus berkontribusi terhadap masyarakat di Maluku,” sebutnya. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel