-->

Irjen Suharyono Dilantik Sebagai Kapolda Sumbar Baru Gantikan Teddy Minahasa


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Irjen Suharyono langsung melakukan sujud syukur begitu turun dari mobil penjemputan bandara.sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang, Kamis 20 Oktober 2022. Usai dilantik menjadi Kapolda Sumatera Barat menggantikan Irjen Teddy Minahasa.

Tiba di ranah Minang, Kapolda Sumbar yang didampingi istri disambut Wakapolda Sumbar, Brigjen. Pol. Edi Mardianto, PJU Polda Sumbar dan beberapa Kapolres jajaran Polda Sumbar.

Irjen Suharyono telah resmi dilantik sebagai Kapolda Sumatera Barat menggantikan Irjen Teddy Minahasa yang menjadi tersangka kasus narkoba. Pelantikan dilakukan oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Nomor ST/2223/X/KEP/2022. Surat tersebut diteken AsSDM Kapolri, Irjen Wahyu Widada pada Jumat, 14 Oktober 2022.

Usai sujud syukur, jenderal bintang dua tersebut kemudian menerima pemasangan 'deta' songket dari Wakapolda Sumbar.

Profil Irjen Suharyono

Suharyono lahir di Jawa Tengah 2 Desember 1966 silam. Ia merupakan lulusan akademi kepolisian (Akpol) angkatan 1992. Sebelum diamanahi sebagai Kapolda Sumbar, Suharyono merupakan perwira tinggi Polri yang ditugaskan di luar struktur yakni di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Suharyono memiliki sejumlah pengalaman di bidang reserse dan intel. Ia pernah menduduki posisi Kapolresta Banjarmasin pada 2012, Dirintelkam Polda Kepri pada 2014, Analis Kebijakan Madya Bidang Politik Baintelkam Polri pada 2015, serta Pati Baintelkam Polri (Penugasan pada BIN) pada 2017.

Ia juga merupakan penerima penghargaan Adhi Makayasa, penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik TNI dan Polri.

Arahan pertama Irjen Suharyono: Terapkan 5 cek

Dalam arahannya pada hari pertama bertugas sebagai Kapolda Sumbar, Suharyono menyerukan kepada para anggotanya untuk menerapkan 5 cek dalam menjalankan tugas. "Cek, ricek, krosscek, lastcek, dan final cek," ujar Suharyono di hadapan Pejabat Utama Polda, Kapolres, dan jajarannya di Mapolda Sumbar, pada Jumat 21 Oktober 2022 lalu.

Suharyono meminta kepada seluruh anggota kepolisian Sumatera Barat untuk menempatkan diri di bawah masyarakat saat melayani masyarakat. "Di saat kita bermitra, tempatkan diri kita selevel dengan mitra kita (partnership building). Dan di saat penegakkan hukum, tempatkan diri kita satu klik di atas yang kita tegakkan (penegakan hukum)," katanya.

Irjen Suharyono juga menghimbau untuk jangan berbohong guna membangun kepercayaan publik kepada institusi Polri. "Janganlah kamu berbohong karena betapapun cepat larinya kebohongan, kejujuran akan menyalip," kata dia. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel